nusabali

Pengobatan Tradisional dan Pijat Refleksi untuk Nyeri Bokong (Ischialgia) (2)

  • www.nusabali.com-pengobatan-tradisional-dan-pijat-refleksi-untuk-nyeri-bokong-ischialgia-2

Ischialgia biasanya mengenai hanya salah satu sisi. Yang bisa menyebabkan rasa seperti ditusuk jarum atau nyeri seperti ditembak.

Tanda dan Gejala

Kekakuan kemungkinan dirasakan pada kaki. Berjalan, berlari, menaiki tangga, dan meluruskan kaki memperburuk nyeri tersebut, yang diringankan dengan menekuk punggung atau duduk.

Gejala yang sering ditimbulkan akibat Ischialgia adalah:
1. Nyeri punggung bawah. Rasa kaku/tertarik pada punggung bawah.
2. Nyeri daerah bokong.
3. Nyeri yang menjalar atau seperti rasa kesetrum, yang dirasakan daerah bokong menjalar ke daerah paha, betis, bahkan sampai kaki, tergantung bagian saraf mana yang terjepit.
4. Rasa nyeri sering ditimbulkan setelah melakukan aktivitas yang berlebihan, terutama banyak membungkukkan badan, banyak berdiri dan berjalan. Rasa nyeri juga sering diprovokasi karena mengangkat barang yang berat. Rasa nyeri bertambah dengan batuk atau bersin.
5. Jika dibiarkan maka lama kelamaan akan mengakibatkan kelemahan anggota badan bawah/tungkai bawah yang disertai dengan mengecilnya otot-otot tungkai bawah tersebut.
6. Dapat timbul gejala kesemutan atau rasa baal.

Pengobatan Nyeri Bokong (Ischialgia) menurut Ilmu Kedokteran Barat
Penanganan Ischialgia biasanya dilakukan dengan mengidentifikasi penyebab iritasi dan menghilangkannya. Penanganan seperti ini lebih produktif dibandingkan hanya menghilangkan peradangannya saja.

Operasi biasanya jarang diperlukan, kecuali untuk membuang bagian dari diskus yang mengalami herniasi dan mengoreksi penyempitan saluran spinal.

Terapi siropraksi, masase (pemijatan), akupunktur dan moksibasi (akupunktur dengan pemanasan) dapat menghilangkan Ischialgia pada beberapa orang.

Latihan gerak badan (exercise) juga dapat menghilangkan Ischialgia. Gerak badan dapat mengurangi inflamasi dan memperlancar peredaran darah sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Selanjutnya...

Komentar