nusabali

Fokus Buka Ruang Pertumbuhan Ekonomi

Refleksi 3 Tahun Kepemimpinan Tamba-Ipat

  • www.nusabali.com-fokus-buka-ruang-pertumbuhan-ekonomi

NEGARA, NusaBali - Tahun 2024 menjadi tahun ketiga kepemimpinan Bupati Jembrana I Nengah Tamba-Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna alias Ipat (Tamba-Ipat). Usai dilantik pada 26 Februari 2021, Tamba-Ipat fokus pada pembenahan dalam pelbagai sektor dan akselerasi pembangunan ruang-ruang pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan tumpuan visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

"Astungkara di tahun ketiga ini banyak sudah capaian yang kami akukan untuk Kabupaten Jembrana. Baik itu dari sisi infrastruktur, pendidikan, pengembangan SDM, seni dan budaya, penguatan UMKM serta pengembangan destinasi wisata di Jembrana yang bermuara pada kemajuan Kabupaten Jembrana," ucap Bupati Tamba di hadapan ribuan masyarakat pada malam puncak peringatan HUT ke-3 Kepemimpinan Tamba-Ipat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Sabtu (2/3) malam. 

Disamping itu, lanjut Bupati Tamba, masih banyak pembangunan yang akan dilakukan di Kabupaten Jembrana. Di antaranya yang tengah bejalan adalah revitalisasi Pasar Umum Negara. Kemudian ada pengembangan kawasan Pelabuhan Perikanan Bali di Pengambengan, pengembangan destinasi wisata bertaraf internasional di Pekutatan, polo berkuda di kawasan Taman Nasional Bali Barat (TNBB) di Melaya, serta pengembangan Pelabuhan Gilimanuk.

Dalam mengakselerasi ruang pertumbuhan ekonomi dan ruang kreatif publik, Bupati Tamba menambahkan, Pemkab Jembrana juga memiliki rice milling unit (RMU) di Subak Tibu Beleng, Penyaringan. Kemudian ada Factory Sharing Kakao di Desa Kaliakah yang makin menguhka keberadaan Jembrana sebagai Kota Coklat serta Gedung Sentra Tenun di pusat kota sebagai pusat oleh-oleh dan produk kreatif UMKM Jembrana.

Seluruh program besar itu, kata Bupati Tamba, akan diintegrasikan dengan rencana pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi sebagai konektifitas yang akan meningkatkan  pelayanan distribusi barang dan jasa dari Jembrana menuju pusat kota maupun daerah sekitarnya. "Mohon doa restu seluruh masyarakat Jembrana. Semoga semuanya bisa berjalan on the track sehingga mimpi besar kita, yakni Jembrana Emas 2026 bisa segera terwujud," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini. 

Dari sisi program, juga banyak capaian yang digulirkan ke masyarakat sebagai wujud memudahkan serta mendekatkan sebagai pemangku layanan. Di antaranya program Jembrana Satu Data, aplikasi layanan kedaruratan Jembara Emergency Service (JES), layanan antar obat kepada pasien dan pembukaan poliklinik-poliklinik baru di RSU Negara. 

Menuju kabupaten Zero Stunting, Jembrana telah memiliki program Bapak/Ibu Asuh Anak Stunting (BAAS) yang secara bergotong royong menyalurkan makanan atau minuman sehat bagi anak-anak stunting. Serta teranyar sudah dilaunching layanan Trans Bahagia yang menyediakan transport gratis bagi anak sekolah dari keluarga kurang mampu. "Kami  sangat bersyukur selama 3 tahun kepemipinan Tamba-Ipat ini segala kebijakan dan program kerja mendapat respon, apresiasi, pengakuan, dan penghargaan dari masyarakat, pemerintah, dan lembaga," kata Bupati Tamba.

Selama tiga tahun kebelakang, Jembrana telah menerima beberapa penghargaan di tingkat nasional dari berbagai kementerian, badan, dan lembaga. Bupati Tamba membeberkan setidaknya Jembrana telah meraih sebanyak 31 penghargaan tingkat nasional maupun provinsi. Terbanyak pada tahun 2023, ada 15 penghargaan nasional yang diraih Jembrana. Di antaranya Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya, 10 Besar Desa Wisata Terbaik Katagori Souvenir Dalam Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Penghargaan Anugrah Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Award Kategori Utama Implementasi Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) ASN Terbaik, dan Penghargaan Wiyata Dharma Madya Tingkat Nasional untuk Bunda PAUD Jembrana. 

Penghargaan lainnya, ada Penghargaan Kabupaten Sehat (Swasti Saba) dari Kementerian Kesehatan RI,  Penghargaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang diperoleh oleh Desa Warnasari, dan sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2023 atas program Jembrana Kedas dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada kompetensi Inovasi Pelayanan Publik 2023. 

Sementara di tingkat provinsi Bali, Jembrana merupakan Daerah dengan Survey Kepuasan Masyarakat tahun 2022 tertinggi di Provinsi Bali oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Peringkat 2 Paritrana Award Provinsi Bali oleh Kementerian PANRB serta capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI berturut turut. 

"Atas seluruh pencapaian kinerja pembangunan Pemerintah Kabupaten Jembrana, saya bersama Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna menghaturkan suksmaning manah. Terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Forkopimda Jembrana, Sekda, ASN dilingkungan Pemkab Jembrana, pimpinan instansi vertikal, para perkel, bendesa, penglingsir serta masyarakat atas segala dukungan, partisipasi, dan dedikasinya secara bersama-sama untuk membangun Kabupaten Jembrana," ucap Bupati Tamba.

Acara malam puncak peringatan HUT ke-3 Kepemimpinan Tamba-Ipat berlangsung sangat meriah. Selain diisi artis dan band lokal Jembrana juga diisi dengan artis dan band papan atas Bali. Seperti ada Budi Arsa, DJ Mahesa, serta Kis Band. Penampilan hiburan itu menyedot antusiasme ribuan masyarakat Jembrana hingga pertunjukan selesai pada tengah malam.@ode

Komentar