nusabali

Lolos dari Hadangan Denmark, Inggris Hadapi Italia di Final Euro 2020

  • www.nusabali.com-lolos-dari-hadangan-denmark-inggris-hadapi-italia-di-final-euro-2020

LONDON, NusaBali.com – Football coming home. Lewat babak perpanjangan waktu Inggris berhasil mengalahkan Denmark 2-1 dalam laga semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley London, Kamis (8/7/2021).

Kemenangan Inggris ditentukan lewat gol Harry Kane di menit ke-104. Striker asal Tottenham Hotspurs ini menyambar bola muntah hasil tendangan penaltinya sendiri yang sempat dimentahkan oleh kiper Kasper Schmeichel. Gol itu memecahkan kebuntuan yang berlangsung sejak menit ke-39 setelah gol tendangan bebas Mikkel Damsgaard untuk Denmark dibalas Inggris dengan memaksa kapten lawan, Simon Kjaer, mencetak gol bunuh diri.

Di babak final Minggu (11/7/2021) atau Senin dini hari Wita yang dihelat di Wembley, Inggris akan menghadapi Italia yang lebih dulu menggeggam tiket final setelah sehari sebelumnya menyingkirkan Spanyol lewat adu penalti.

Inggris untuk pertamakalinya mampu menembus babak final turnamen besar sejak 1966. Sebaliknya Denmark yang menjadi tim penuh kejutan, gagal mengulang kans menjadi juara turnamen yang sama seperti diraih tahun 1992.

Di hadapan Wembley yang sebagian besar diisi pendukungnya sendiri, Inggris memasuki pertandingan dengan agresif tetapi serangan mereka belum terlihat begitu tajam.

Pada menit ke-13, Raheem Sterling melepaskan tembakan tepat sasaran pertama Inggris selepas mereka mampu mematahkan upaya serangan balik Denmark, sayang bola tendangan mendatar penyerang Manchester City itu masih mengarah tepat ke kiper Kasper Schmeichel.

Dua menit berselang, Denmark balas menyerang dan kiper Jordan Pickford melakukan blunder berbahaya setelah mengamankan tembakan Pierre-Emile Hojbjerg, beruntung tendangan penyelesaian Martin Braithwaite bisa dibelokkan oleh John Stones.

Denmark perlahan mulai bisa mengimbangi permainan Inggris dan mendapat hadiah tendangan bebas lebih dari kotak penalti menyusul tindakan ceroboh Luke Shaw saat mengawal Andreas Christensen.

Damsgaard yang menjadi algojo dengan cermat melepaskan tendangan bebas nan tajam demi melewati pagar hidup serta menaklukkan Pickford dan membawa Denmark memimpin pada menit ke-30.

Gol itu jadi gol pertama yang masuk ke gawang Inggris sepanjang babak utama Euro 2020 sekaligus gol pertama dari eksekusi tendangan bebas di kompetisi ini.


Untuk pertama kalinya merasakan kondisi tertinggal dari lawan, Inggris berusaha keluar dari tekanan itu dan nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-38 jika saja Schmeichel tak melakukan penyelamatan gemilang atas tembakan Sterling.

Namun, semenit berselang, Inggris betul-betul menyamakan kedudukan ketika mereka memaksa kapten Denmark mencetak gol bunuh diri.

Berawal dari umpan terobosan Harry Kane, Bukayo Saka relatif terbebas sendirian menyusur sisi kiri kotak penalti Denmark dan melepaskan umpan tarik matang ke muka gawang di mana Sterling siap menanti. Kjaer berusaha memotong umpan tersebut dan bisa mendahului Sterling, tetapi jegalannya malah membuat bola bersarang ke dalam gawangnya sendiri.

Itu menjadi gol bunuh diri ke-11 yang mewarnai Euro 2020 dan skor 1-1 tak berubah hingga peluit turun minum berbunyi.

Di babak perpanjangan waktu tusuka Raheem Sterling di kotak penalti dijatuhkan pemain Denmark. Alhasil wasit menunjuk titik putih setelah lebih dulu menanti review dari VAR.  Eksekusi Harry Kane sebenarnya bisa ditahan Schmeichel yang menjatuhkan badan ke kiri, namun bola muntah itu langsung disambar Kane sehingga mengubah skor menjadi 2-1. *ant

Komentar