nusabali

Tahun 2016, Tenaga Abdi di SMP Dapat Tambahan Honor

  • www.nusabali.com-tahun-2016-tenaga-abdi-di-smp-dapat-tambahan-honor

Setelah tenaga abdi tingkat SD, kini tenaga abdi tingkat SMP di Kabupaten Jembrana dianggarakan mendapat tambahan honor bulanan mulai tahun 2016. 

NEGARA, NusaBali
Berbeda dengan para abdi SD yang diberikan tambahan Rp 300 ribu per bulan mulai tahun 2015 lalu, para abdi baik guru maupun tata usaha SMP ini diberikan sedikit lebih tinggi yakni Rp 350 ribu per bulan.

Kadis Pendidikan, Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Budaya Jembrana, Nengah Alit mengatakan, anggaran untuk tambahan honor abdi SMP mencapai Rp 1 miliar lebih. Penganggaran tambahan tersebut untuk memberikan perhatian kepada guru dan tata usaha (TU) abdi SD maupun SMP yang selama ini mengandalkan sisa anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS). “Selama ini tenaga abdi ini penghasilannya sangat bervariatif, tergantung anggaran BOS,” ungkap Alit, Minggu (29/11).

Sementara tenaga abdi di SMA untuk tahun 2016 belum dianggarkan. Selain akan diambil alih Pemprov Bali, menurutnya ada pertimbanhan atas nafkah tenaga abdi SMA yang dinilai sudah lebih tinggi dibanding SD maupun SMP. “Sebelumnya amggaran untuk SD dan SMP bertahap karena keterbatasan anggaran. Kalau SMA ya kami rasa sudah agak tinggi,” tambahnya.

Para tenaga abdi, baik guru maupun TU di SD dan SMP honornya di bawah upah minimum kabupaten (UMK). Mereka rela mengabdi dengan harapan bisa diangkat menjadi PNS. Peranan mereka pun dirasa sangat membantu untuk masalah kekurangan guru, khususnya di SD se-Kabupaten Jembrana. “Kami sadari kalau bicara UMK, masih sangat jauh. Maka dari itu kami berusaha perhatikan dengan tambahan ini,” tandas Alit.

Komentar