nusabali

Rivalitas Park Hang-seo dan Shin Tae-yong

  • www.nusabali.com-rivalitas-park-hang-seo-dan-shin-tae-yong

DUBAI, NusaBali
Duel Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam di Dubai, Selasa (8/6) dinihari, pukul 00.45 WITA, akan menandai adu taktik dan strategi Park Hang-seo (Vietnam) dan Shin Tae-yong (Indonesia).

Pertemuan itu dalam balutan rivalitas sengit pelatih asal Korea Selatan. Park Hang-seo sendiri kabarnya sudah memantau permainan Timnas melawan Thailand. Shin Tae-yong tak menyoalkan hal tersebut dan baginya, rivalitas akan tetap ada di atas lapangan namun bakal rontok setelah peluit panjang.

"Di atas lapangan mungkin kita rival, tetapi setelah selesai pertandingan juga pasti akan tetap saling menghargai," ujar Shin Tae-yong di laman resmi PSSI, Minggu (6/6).

Selain sama-sama berasal dari Korea Selatan dan berkawan baik, Shin Tae-yong dan Park Hang-seo juga punya catatan cukup baik sebagai pelatih. Sosok Shin Tae-yong mulai disegani saat menangani Seongnam Ilhwa Chunma. Dia lalu diangkat sebagai pelatih sementara timnas Korea Selatan pada 2014, sebelum menjabat asisten pelatih hingga 2016.

Shin Tae-yong pernah menangani Timnas Korea Selatan U-20, U-23, bahkan tim senior pada 2017 sampai 2019. Satu pertandingan yang tak akan dilupakannya adalah ketika mengalahkan Jerman 2-0 pada Piala Dunia 2018.

Sedangkan Park Hang-seo pun juga pernah menangani Timnas Korea Selatan U-23 pada 2002. Namun posisi tertingginya hanyalah pelath sementara Timnas Korea Selatan senior pada 2000. Sebelum melatih Timnas Vietnam, dia menghabiskan waktunya sebagai pelatih Gyeongnam FC da Changwon City. Barulah pada 2017 dia menangani Timnas Vietnam U-23  *

Komentar