nusabali

Owner PARQ Space Ubud Dapat Awards Bali's Fab40

Karena Berani Rekrut Pekerja Saat Pandemi

  • www.nusabali.com-owner-parq-space-ubud-dapat-awards-balis-fab40

GIANYAR, NusaBali
Owner PARQ Space Hotel Ubud, I Gusti Ngurah Eka Sidimantra, mendapat Awards Bali's Fab40 dari The Yak Magazine.

Penghargaan ini diberikan atas keberanian IGN Eka Sidimantra tetap membuka usaha bisnis hotelnya yang berlokasi di Bajjar Tegallantang, Kelurahan/Kecamatan Ubud, Gianyar di tengah pandemi Covid-19. Selain tidak mem-PHK karyawan, dia bahkan berani merekrut tenaga baru .

Penghargaan Awards Bali's Fab40 sebagai Bali Best Three of The Years tersebut sudah diterima IGN Eka Sidimantra dalam seremoni di Savaya Bali Uluwatu, Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung, Sabtu (29/5) lalu. Namun, informasinya baru dibuka ke publik, Minggu (6/6).

Dengan penghargaan yang diterimanya, Eka Sidimantra berharap geliat pariwisata kembali bangkit. "Ini sekaligus sebagai promosi pariwisata untuk Bali, khususnya Ubud. Ini sebagai branding ke semua negara bahwa pariwisata di Bali aman, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," jelasa Eka Sidimantra dalam keterangannya di Ubud, Minggu kemarin.

IGN Eka Sidimantra sendiri kesehariannya menjabat sebagai Kepala Dusun (Kadus) Tegallantang, Kelurahan Ubud, selain menjadi owner PARQ Space Hotel. Sebagai pemilik hotel, Eka Sidimantra tergolong sangat berani. Dia tetap membuka usaha bisnisnya saat pandemi Covid-19. Owner PARQ Space Hotel ini sama sekali tidak ada memutus hubungan kerja para karyawan. Dia justru kembali merekrut tenaga lokal yang kompeten. Saat ini, karyawannya mencapai 85 orang.

Eka Sidimantra menjelaskan tingkat hunian PARQ Space saat ini tembus 100 persen dari total 48 kamar. "Bahkan, ada sejumlah wisatawan yang masuk dalam waiting list atau daftar antrean, karena saking kepinginnya menginap di PARQ Space," ungkap Eka Sidimantra, Minggu kemarin.

Melihat antusias wisatawan, Eka Sidimantra kini membangun ratusan kamar sejenis apartemen. Dengan konsep apartemen, leng of stay atau lama tinggal tamu minimal satu bulan. "Rencananya, kami bangun 385 kamar dengan konsep apartemen," katanya.

Menurut Eka Sidimantra, pangsa pasar yang disasarnya adalah kaum ekspatriat dan rombongan wisatawan keluarga. Sedangkan konsumen PARQ Space Hotel selama ini didominasi wisatawan asal negara Eropa, Amerika, dan Australia. PARQ Space kini sudah menjadi properti terbesar di Ubud.

"Kami menyediakan one stop living. Jadi, semua ada, mulai dari spa, fitness, sauna, olimpic swimming poll, co working space, cafe, hingga restoran. Sekarang sedang dirancang pula arena pacuan kuda," jelas ayah empat anak yang sempat 12 tahun merantau ke Amerika Serikat ini.

Sementara itu, sebagai Kadus Tegallantang, Kelurahan Ubud, Eka Sidimantra harus pintar atur waktu. Selain mengelola bisnis jasa pariwisata, Eka Sidimantra juga tetap menjalankan kewajiban dinas. Beberapa waktu lalu, dia juga menggunakan akomodasinya sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 berbasis banjar, yang melibatkan warga negara asing. Sasaran vaksinasi saat itu 450 orang. *nvi

Komentar