nusabali

'Gempa' Kacaukan Rapat DPC PDIP Bangli

  • www.nusabali.com-gempa-kacaukan-rapat-dpc-pdip-bangli

BANGLI, NusaBali
Ketua DPC PDIP Bangli Sang Nyoman Sedana Arta memimpin rapat partai di sekretariat DPC PDIP Bangli, Lingkungan LC Uma Aya, Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, Rabu (26/5).

Saat rapat berlangsung, peserta mendadak panik, membubarkan diri, hingga terjadi kekacauan di kantor sekretariat DPC PDIP Bangli. ‘Gempa’ membuat para peserta rapat berlari menyelamatkan diri. Beberapa peserta rapat terjebak di gedung tersebut.

‘Gempa’ yang mengguncang kantor DPC PDIP Bangli berkekuatan 6,3 SR. Petugas BPBD Bangli dan PMI datang ke lokasi untuk menyelamatkan kader partai yang terjebak di dalam gedung. Beberapa orang yang terjebak akhirnya berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat. Ketua DPC PDIP Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi anggota Fraksi PDIP I Gusti Bagus Triana Putra mengatakan, kejadian tersebut merupakan simulasi kesiapsiagaan menghadapi bencana gempa. Tujuannya meningkatkan ketanggapan jika terjadi bencana.

Sedana Artha yang juga Bupati Bangli mengungkapkan, simulasi ini merupakan instruksi dari DPP PDIP. Pelaksanaannya di tingkat DPC dengan menggandeng instansi terkait. Dengan simulasi ini diharapkan kesiapsiagaan semua pihak, termasuk seluruh lapisan masyarakat. “Ketika terjadi bencana, tentu sudah diketahui langkah yang harus diambil,” jelas Sedana Artha. Sementara Kepala Pelaksana BPBD Bangli, Ketut Gede Wiredana mengatakan, simulasi rutin dilaksanakan untuk membangun kesiapsiagaan diri. Beberapa desa telah ditetapkan sebagai desa sadar bencana. “Desa-desa yang rawan bencana diberikan edukasi untuk tindakan yang diambil ketika terjadi bencana,” jelas Wiredana. *esa

Komentar