nusabali

Sukanada Rancang Liga Voli Bali

  • www.nusabali.com-sukanada-rancang-liga-voli-bali

DENPASAR, NusaBali
Pengprov Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Bali merancang liga antar tim bola voli kabupaten-kota di Bali, pada September 2021.

Liga Voli Bali menjadi rancangan kerja Pengprov PBVSI Bali untuk kembali menggeliatkan kompetisi bola voli di Bali di masa depan.

Apalagi atmosfir voli telah merakyat dan kian digemari kalangan muda di Bali.  "Ini program kerja utama kami pada tahun 2021. Tapi, kepastian akan dibahas usai pelantikan pengurus PBVSI Bali pada awal Juni nanti. Tapi, ini rencana yang akan kami realisasikan. Kami juga rindu suasana pertandingan voli di Bali," kata Ketua Umum Pengprov PBVSI Bali Nyoman Sukanada, Rabu (19/5).

Sukanada pun berharap semua daerah di Bali mulai ancang-ancang menyiapkan tim. Sebab yang boleh mengirim wakil ke Liga Voli Bali hanya Pengkab PBVSI di Bali. Satu Pengkab/Pengkot PBVSI hanya boleh mengirim satu tim, sehingga gengsinya akan kelihatan karena jadi wakil daerah bersangkutan.

Menurut Sukanada, rancangan awal mengacu pada PON untuk masalah umur, yang mengutamakan pemain junior. Satu tim diperbolehkan memiliki dua pemain senior di atas usia 24 tahun. Langkah itu untuk memberi ransangan atlet voli muda, menambah pengalaman dan jam terbang bertanding.

"Arahnya murni pakai pemain lokal daerah bersangkutan. Hanya diperbolehkan diisi dua pemain senior," tandas Sukanada.

Sementara soal lokasi pertandingan apakah terpusat atau ke semua daerah di Bali, Sukanada mengatakan, masih akan dibahas lagi. Sebab, teknis pelaksanaan akan menyesuaikan kondisi Pandemi Covid-19 dan penerapan protokol kesehatan dengan baik.

"Ada keinginan terpusat di satu tempat. Tapi pertimbangan tuan rumahnya juga punya opsi yang bagus. Itu kita sepakati dalam rapat pengurus nanti, sehingga peserta dapat menerima," tegas Sukanada.

Lebih jauh, kata Sukanada, dalam obrolan dengan sejumlah pengurus PBVSI Bali juga sempat mengemuka agar tiap daerah boleh mengirim dua tim. Namun sementara satu daerah satu tim saja, dan terpenting Liga Bola Voli Bali 2021 dapat terlaksana.

"Kami yakin akan mendapat sambutan luar biasa. Sebab, voli kan cabor sangat merakyat dan digemari juga di Bali. Pada saat situasi normal, penonton turnamen voli selalu ramai," kata Sukanada. *dek

Komentar