nusabali

Manfaatkan Lahan, Ketua PKK Tabanan Tinjau Program Unggulan

  • www.nusabali.com-manfaatkan-lahan-ketua-pkk-tabanan-tinjau-program-unggulan

TABANAN, NusaBali
Untuk memenuhi kebutuhan pangan skala rumah tangga, Ketua Tim Penggerak PKK Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya memonitor program Hatinya (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan, Selasa (18/5).

Program Hatinya PKK merupakan program unggulan. Program ini adalah gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman sekitar perumahan dengan tanaman-tanaman produktif.

Ny Rai Wahyuni Sanjaya mengapresiasi program yang sudah dijalankan Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Beraban. Terlihat banyak tanaman produktif yang ditanam untuk pemenuhan kebutuhan pangan. “Ibu-ibunya kreatif, lahan di rumah dimanfaatkan dengan baik,” ucapnya.

Disebutkan program Hatinya ini adalah program unggulan PKK Tabanan sesuai dengan 10 program pokok PPK. Apalagi di tengah pandemi ini kehidupan ekonomi sudah berbeda. Sehingga wajib semua pihak berkreativitas untuk bertahan hidup. “Situasi sekarang sulit, namun kebutuhan pokok harus terpenuhi setiap hari. Untuk itu utamanya ibu ibu di rumah wajib memiliki kreativitas dalam pemenuhan pangan rumah tangga,” tegas Ny Rai Wahyuni.

Dia berharap ini mampu memberikan inspirasi terhadap KWT di daerah lain. “Jangan sampai untuk kebutuhan pangan kita di rumah sampai tidak ada, untuk itu wajib menanam tanaman pangan memanfaatkan lahan yang ada,” imbaunya. Setelah melakukan monitoring di Desa Beraban, Ny Rai Wahyuni Sanjaya melanjutkan monitoring ke beberapa rumah percontohan Hatinya PKK di Desa/Kecamatan Baturiti. *des

Komentar