nusabali

Damkar Denpasar Padamkan Api Selama 5 Jam

Jelang WWF TPA Suwung Terbakar

  • www.nusabali.com-damkar-denpasar-padamkan-api-selama-5-jam

DENPASAR, NusaBali - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung, Denpasar Selatan kembali terbakar Rabu (8/5). Api membakar lahan seluas 35 are yang diduga karena tumpukan sampah dan cuaca panas yang menimbulkan percikan api. Beruntung, pasukan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Denpasar bisa memadamkan api hanya dalam waktu 5 jam.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Denpasar, I Made Tirana, Kamis (9/5) mengatakan, luas wilayah yang terbakar yakni 0,35 hektar atau 35 are. Kebakaran tersebut bisa dipadamkan, sehingga tidak sampai merembet seperti kebakaran sebelumnya. 

Pemadaman dilakukan pada Rabu kemarin dari pukul 15.30 Wita hingga 22.15 Wita. Pada Kamis (9/5) pagi petugas pemadam kebakaran masih melakukan proses pendinginan. “Titik api bermula dari tumpukan sampah sisi barat,” kata Tirana saat ditemui di lokasi kebakaran.

Dalam pemadaman tersebut, Tim Damkar Kota Denpasar langsung berkoordinasi dengan mengerahkan 5 unit armada, Damkar Kabupaten Badung mengerahkan 5 unit armada, Pelindo mengerahkan 1 unit armada dan BPBD Provinsi Bali mengerahkan 2 unit mobil tangki.

Fokus penanganan menggunakan sistem manual dengan mengeruk area yang terbakar untuk selanjutnya disemprot menggunakan air. Sedangkan manajemen air menggunakan sistem tandon dengan suplai air bergiliran dari masing-masing armada. Setelah proses pemadaman selesai, pihaknya masih melakukan pendinginan.

Pendinginan ini menggunakan 5 unit armada Damkar Denpasar dan satu unit alat berat, serta water Canon dari Brimob sebanyak 3 unit. “Untuk penyebabnya kami belum bisa pastikan, apakah karena panas atau ada benda pemicu, atau mungkin gas metan. Bisa jadi ada korek api meledak, atau baterai HP juga bisa,” ujar Tirana.

Sementara itu, Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan pihaknya akan terus menyiagakan 2 unit mobil Damkar untuk melakukan langkah antisipasi selanjutnya. Apalagi menjelang perhelatan World Water Forum yang berlangsung di Bali. “Kami siagakan 2 mobil Damkar dan 2 mobil tangki dari UPT Persampahan. Karena musim panas, kami akan lakukan penyiraman terus,” ungkap Jaya Negara.

Sementara itu, kata Jaya Negara untuk proses pembuangan sampah kini sudah mulai normal setelah sempat ditutup. “Sudah mulai buka pukul 23.00 Wita kemarin(Rabu, red). Tadi pagi (Kamis,red) sudah lancar. Dan kami arahkan ke Timur, karena kebakarannya kan di Barat Laut,” tegas Jaya Negara.mis

Komentar