nusabali

Bangli Dapat 997 Kuota CPNS dan PPPK

  • www.nusabali.com-bangli-dapat-997-kuota-cpns-dan-pppk

Pemkab Bangli siapkan anggaran Rp 500 juta untuk pelaksanaan rekrutmen.

BANGLI, NusaBali

Pemkab Bangli mendapatkan kuota 997 CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Seleksi CPNS dan PPPK akan dilaksanakan pada akhir Mei nanti. Pemkab Bangli mendapat kuota sebanyak 997 meliputi formasi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Sementara Pemkab Bangli mengajukan usulan 1.119 formasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta didampingi Plt Kepala BKD dan Pengembangan SDM Bangli Nyoman Pariartha mengungkapkan, berdasarkan usulan tersebut Kementerian PAN RB melakukan verifikasi dan berikan kuota 997 CPNS dan PPPK. Usulan formasi untuk CPNS sebanyak 64 dan lolos 63 formasi. Berikutnya PPPK Kesehatan usulan sebanyak 90 formasi, disetujui 88 formasi. PPPK guru sebanyak 962 formasi, turun jadi 846 formasi. “Kami juga mengusulkan PPPK Tenaga Teknis sebanyak 3 formasi namun tahun ini tidak ada formasi,” jelas Bupati Sedana Arta, Selasa (11/5).

Dengan turunnya formasi ini, maka Pemkab Bangli melalui BKD dan Pengembangan SDM melakukan proses rekrutmen. Bupati asal Desa Sulahan Kecamatan Susut ini menegaskan, rekrutmen dilakukan tiga tahap. Seleksi CPNS disusul PPPK non guru dan dilanjutkan PPPK guru. Calon PPPK bagi para pengabdi. Sesuai dengan ketentuan calon peserta PPPK guru sudah mengabdi 3 tahun dan tercatat pada data pokok pendidikan (dapodik). Seleksi PPPK guru tahap pertama diprioritaskan sekolah negeri.

Calon PPPK yang tidak lolos seleksi pertama diberikan kesempatan mengikuti seleksi kedua bersama peserta sekolah swasta. Bila tidak lolos, kembali dapat mengikuti tes ketiga bersama peserta sekolah swasta dan peserta yang memiliki sertifikat pendidik. “Ada tiga kali tes, pertama bulan Agustus, tes kedua bulan Oktober, dan tes ketiga bulan Desember,” bebernya. Rekrutmen CPNS dan PPPK segera diumumkan dan disosilisasikan.

Bupati Sedana Arta menyebutkan, untuk mendukung para pengabdi dalam seleksi PPPK akan dilakukan pembinaan atau bimbingan. Harapannya calon peserta nantinya siap mengikuti setiap tahapan seleksi. “Mereka yang memenuhi persyaratan nantinya diberikan pembekalan agar siap mengikuti tes. Mulai sekarang harus dipersiapkan, jangan sampai ada yang gagap teknologi. Harapan kami bisa lolos semuanya,” harap Bupati Sedana Arta. Pemkab Bangli siapkan anggaran Rp 500 juta untuk pelaksanaan rekrutmen. Anggaran rekrutmen PPPK guru dari pemerintah pusat. Setiap tahapan rekrutmen secara online. Akhir Mei akan diumumkan formasi hingga persyaratan yang harus disiapkan calon pelamar. *esa

Komentar