nusabali

Ratusan Pamedek Tangkil ke Pura Dasar Buana Gelgel

  • www.nusabali.com-ratusan-pamedek-tangkil-ke-pura-dasar-buana-gelgel

SEMARAPURA, NusaBali
Ratusan pamedek sudah mulai tangkil (sembahyang)  ke Pura Dasar Buana di Desa Adat Gelgel, Kecamatan Klungkung, Radite Wage Kuningan, Minggu (18/4).

Persembahyangan ini serangkaian Pujawali di pura setempat pada Pamacekan Agung, Soma Kliwon Kuningan, Senin (19/4) ini. Pantauan di lapangan, segala persiapan untuk menyambut pamedek yang tangkil sudah dipersiapkan oleh prajuru Desa Adat Gelgel selaku panitia Patirtan Pemacekan Agung. Namun sejak  Minggu pagi para pamedek sudah berduyun-duyun rela mengantri untuk dapatmasuk ke jeroan pura. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Kami dari desa adat sudah mempersiapkan secermat mungkin untuk panyanggra para pamedek sejebag jagat Bali, yang akan tangkil di Pura Dasar Buana ini,” ujar Penyarikan/Sekretaris Desa Adat Gelgel Gede Eka Semaya Putra.

Disebutkan, Ida Batara ketedunang mulai Radite Wage Kuningan kemarin, dan Puncak Pujawali Ida Batara di Pura Dasar Buana Gelgel bertepatan dengan Pemacekan Agung. Penyineban Ida Batara dilaksanakan pada Wraspati Pon Kuningan, Kamis (22/4) sekitar pukul 13.00 Wita. "Ida Batara Nyejer selama tiga hari," ujar Eka Semaya.

Untuk tempat parkir mobil disiapkan di Lapangan GOR Swecapura, Desa Gelgel, sedangkan parkir sepeda motor di seputaran depan Kantor Desa/Perbekel Gelgel. "Untuk para pamedek yang tangkil agar mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Menurut seorang pamedek dari asal Denpasar, Wayan Konce dirinya bersama keluarga selalu tangkil ke Pura Dasar Buana, saat Pujawali. “Kali ini tiang  hadir mendahului karena saat di Pemacekan Agung biasanya terlalu ramai,” ujarnya. *wan

Komentar