nusabali

Ngusaba Nini di Pura Dasar Buana Gelgel Diisi Pawintenan Massal

  • www.nusabali.com-ngusaba-nini-di-pura-dasar-buana-gelgel-diisi-pawintenan-massal

SEMARAPURA, NusaBali
Desa Adat Gelgel, Kecamatan Klungkung menggelar Ngusaba Nini lan Jagat di Pura Dasar Buana Gelgel pada Purnama Kapat, Soma Wage Dukut, Senin (10/10).

Karya ini juga diisi pawintenan massal 342 calon pinandita dari seluruh Bali. Upakara Ngusaba Nini lan Jagat diikuti 16 Pura Dangka dan Pura Dalem sajebag Desa Adat Gelgel. Ida Bhatara di Pura Dasar Buana Gelgel dan seluruh Bhatara Dangka lan Pura Dalem nyejer selama 3 hari. Upakara kasineb pada Wraspati Paing Dukut, Kamis (13/10).

Bendesa Adat Gelgel, Putu Arimbawa mengatakan, Karya Ngusaba Nini lan Jagat dilaksanakan setiap setahun sekali bertepatan Purnama sasih kapat. “Ngusaba Nini lan Jagat digelar oleh krama subak sewewengkon Desa Adat Gelgel. Harapannya seluruh umat sajebag Bali dan nusantara mendapatkan karahayuan,” ujar Arimbawa, Selasa (11/10). Petani bisa meningkatkan kesuburan tanaman dan terbebas dari gangguan hama penyakit tanaman atau merana.

Panyarikan Desa Adat Gelgel, Mangku Gede Eka Semaya Putra menambahkan, pada puncak karya dilaksanakan pawintenan yang diikuti 342 calon pinandita. “Kebanyakan yang ikut mawinten dari Karangasem, Tabanan, Badung, Singaraja, termasuk Klungkung,” ujar Mangku Eka Semaya. *wan

Komentar