nusabali

Kabaddi Badung Gelar Latih Tanding

  • www.nusabali.com-kabaddi-badung-gelar-latih-tanding

Pertandingan yang baik berawal dari persiapan yang matang. Kuncinya, para atlet butuh latihan rutin. Lewat rutinitas latihan yang semakin intens jelang pertarungan, maka setiap sesi latihan dirancang khusus.

MANGUPURA, NusaBali

Tim Kabaddi Badung menggelar latih tanding melawan tim Ganeshwara Wariorr, salah satu klub Kabaddi Kota Denpasar, di GOR Mengwi, Minggu (11/4) pagi. Latih tanding tersebut untuk persiapan para atlet menghadapi Porprov Bali XV/2022. Kabaddi Badung sendiri sejauh ini latihan dua kali seminggu.

Pelatih kabaddi Badung Rega Padmawan mengatakan, latih tanding ini dibutuhkan untuk mengevaluasi para atlit  dalam mengembangkan teknik dan taktik maupun semangat tanding. Juga agar mereka menjadi atlit tangguh dan mampu menjuarai Porprov yang akan datang. Kegiatan itu menerapkan protokol kesehatan ketat, karena masih pandemi.

Bagi para atlet, kata Rega Padmawan, pertandingan yang baik berawal dari persiapan yang matang. Kuncinya, para atlet butuh latihan rutin. Lewat rutinitas latihan yang semakin intens jelang pertarungan, maka setiap sesi latihan dirancang khusus sesuai kebutuhan dan kondisi setiap atlet.

Rega Padmawan pun bersyukur karena dapat menemukan banyak sparring partner atau mitra tanding dari beberapa atlet yang memiliki kemampuan bagus dan lebih berpengalaman dalam disiplin teknik agar meningkatkan kemampuan sambil berlatih rutin.

"Kami selalu memompa semangat atlet agar memiliki mental juara, solid, dan berkarakter," tandas Rega Padmawan.

Sebelum sparing, kedua tim latihan fisik bareng dengan materi pemantapan strength (kekuatan), speed (kelincahan), endurance (daya tahan), dan agility (kelincahan). Kemudian taktik bertahan (deffensive) dan melakukan serangan (offensive). Selebihnya mengasah mental dengan strategi  rangsangan, dorongan, semangat, dan pujian. "Kolaborasi program latihan fisik dan mental ini sangat positif, terlihat saat sparing anak-anak sangat menikmati pertandingan ini," ujar Rega Padmawan.

Sementara itu, pelatih Ganeshwara Wariorr, Wira Putra mengaku bangga bisa menjajal latih tanding dengan tim Badung yang memiliki kualitas bagus sebagai barometer Kabaddi di Bali

"Kami tidak melihat skor akhir. Badung materi pemainnya kelas satu, bersyukur bisa merasakan pertandingan dengan tim hebat," kata Wira Putra seraya mengisyaratkan akan mengevaluasi anak asuhnya usai laga persahabatan ini.

Sedangkan Ketua Harian Kabaddi Badung, I Kadek Sudharma Hariawan mengapresiasi digelarnya latihan bareng itu. "Latih tanding ini memberi  anak-anak kesempatan sebanyak mungkin untuk tampil karena bisa merasakan atmosfer pertandingan," tutur Sudharma Hariawan.

Mantan Humas PBVSI Bali ini melihat kedua kubu menjalankan latih tanding dengan semangat, walaupun masih ada yang perlu dikoreksi. Kedepan pihaknya akan merancang lebih banyak lagi latihan bareng dengan tim lain untuk mengasah kemampuan anak asuhnya. *dek

Komentar