nusabali

Genjot Fisik Tatap 8 Besar

  • www.nusabali.com-genjot-fisik-tatap-8-besar

Ini masih awal musim untuk menilai tim, tapi suporter boleh menilai dan memberikan masukan. Terpenting saat Piala AFC maupun Kompetisi Liga semua suporter harus tetap mendukung.

MANGUPURA, NusaBali

Bali United fokus mempersiapkan diri menghadapi delapan besar Piala Menpora. Skuad Serdadu Tridatu akan bertemu dengan tim runner up Grup C, PSS Sleman. Bahkan diawali dengan evaluasi tim, Andhika Wijaya dkk sudah berlatih di Lapangan Yoga Perkanthi, Jimbaran, pada Rabu (7/4).

Pelatih kepala Bali United Stefano ‘Teco’ Cugurra pun memberikan gambaran dan evaluasi pada tim dalam tiga laga penyisihan grup D Piala Menpora. Usai evaluasi tim, skuad Serdadu Tridatu menjalani program latihan dari pelatih fisik di lapangan.  Jika melihat permainan tim saat penyisihan grup D, kata Teco, tim sudah tampil maksimal.

"Ini masih awal musim untuk menilai tim, tapi suporter boleh menilai dan memberikan masukan. Terpenting saat Piala AFC maupun Kompetisi Liga semua suporter harus tetap mendukung. Pemain tetap percaya diri meskipun satu tahun tidak berkompetisi,"kata Teco.

Teco membandingkan negara lain yang jadi lawan di Piala AFC, seperti Kamboja dan Vietnam tetap menjalankan kompetisi dari tahun lalu. Sedangkan di Indonesia baru ada kompetisi pra musim dan belum tahu kapan Liga 1 dimulai. Untuk itu, dalam keadaan apapun tim seharusnya tetap didukung oleh suporter.

Sementara itu, pelatih fisik Bali United Yogie Nugraha menuturkan kondisi fisik skuad Serdadu Tridatu belum sepenuhnya pada performa terbaik, namun baginya untuk kompetisi Piala Menpora sudah berada pada batas yang sesuai.

"Jika tolok ukurnya pra musim bagi saya fisik para pemain sudah sesuai. Tapi yg pasti semua pemain belum sampai top performance (100aik tegas Yogie Nugraha.

Permasalahan kondisi fisik memang menjadi sorotan utama sebuah tim untuk memperoleh permainan maksimal. Mampu berada pada kondisi permainan penuh adalah alasan utama untuk menjadikan kondisi fisik pada situasi terbaik.

Apalagi pada babak delapan besar, Bali United dikaitkan akan bertemu Persebaya Surabaya, yang didominasi pemain muda yang memiliki semangat juang bagus dan kondisi fisik yang terus meningkat. Menanggapi hal tersebut, Yogie Nugraha tidak ambil pusing. Baginya bukan hanya fisik yang menjadi tolok ukur melainkan banyak faktor dalam tim yang menjadi penunjang kesuksesan suatu tim berhasil.

"Lawan siapa pun kami siap, sepak bola bukan hanya faktor fisik saja. Ada elemen-elemen lain diluar fisik. Tentu kami sangat siap untuk babak perempat final nanti," ujar Yogie Nugraha.

Pasukan Serdadu Tridatu usai menjalani tahapan vaksin kedua hari Minggu (4/4) lalu langsung melangsungkan program latihan hari Selasa (6/4) sore di Lapangan Yoga Perkanthi, Jimbaran dengan sistem tertutup dan protokol kesehatan ketat. *dek

Komentar