nusabali

Aktif Tanggulangi Bencana, Tabanan Terima Penghargaan BNPB

  • www.nusabali.com-aktif-tanggulangi-bencana-tabanan-terima-penghargaan-bnpb

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan mendapat penghargaan Bidang Penanggulangan Bencana dari Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo kepada Sekda Tabanan I Gede Susila, dalam rapat koordinasi Penanggulangan Bencana Tahun 2021 melalui zoom meeting, Rabu (10/3).

Penghargaan itu didapat karena Pemkab Tabanan berpartisipasi aktif dalam setiap penanggulangan bencana. Usai mengikuti zoom meeting tersebut, Sekda I Gede Susila didampingi Inspektur Tabanan I Gede Urip dan kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, menyerahkan Penghargaan tersebut kepada Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya di rumah dinas Bupati Tabanan.

Bupati Sanjaya sangat bersyukur telah dianugerahi penghargaan ini dan mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan dari Pemerintah Pusat melalui BNPB. Dia berharap, penghargaan ini menjadi pelecut motivasi seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Tabanan untuk melakukan yang lebih baik lagi, khususnya dalam menangani pandemi yang saat ini masih mengancam masyarakat, termasuk di Tabanan. “Saya berharap apresiasi dari pusat ini menjadi semangat baru mewujudkan Pemkab Tabanan yang maju,” tegasnya.

Pada saat zoom meeting tersebut, Letjen TNI Doni Monardo mengatakan daerah yang memperoleh penghargaan merupakan apresiasi dari Pemerintah Pusat atas kinerja dan sinergi dalam penanggulangan bencana di daerah. Penghargaan tersebut diberikan kepada sejumlah pemerintah daerah, lembaga usaha, masyarakat, perguruan tinggi, dan media. Penghargaan ini juga dalam rangka penguatan koordinasi dan sinergi penyelenggaraan penangulangan bencana.

Lebih lanjut Doni Monardo menjelaskan, sebuah bangsa dikatakan tangguh bencana ketika bangsa itu dalam sel darahnya mengalir darah sadar bencana. “Bangsa hidup menghirup nafas tanggap bencana, bangsa yang di rongga otaknya tertanam kesadaran hidup di daerah penanggulangan bencana,” imbuhnya.

Dia mengajak seluruh jajaran agar membudayakan sadar bencana dalam rangka menjaga ekosistem yang ada di sekitar untuk kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. “Kita jaga alam, maka alam jaga kita,” ucapnya. *des

Komentar