nusabali

Kodam Udayana Buka Penerimaan Calon Tamtama

  • www.nusabali.com-kodam-udayana-buka-penerimaan-calon-tamtama

DENPASAR, NusaBali
Kodam IX/Udayana membuka penerimaan anggota baru untuk menjadi calon tamtama prajurit karier (Cata PK) gelombang I tahun 2021.

Penerimaan calon tamtama ini dipastikan tidak dipungut biaya alias gratis. Para calon prajurit bisa daftar secara online dengan alamat rekrutmen-tni.mil.id.


Demikian disampaikan Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, Kamis (18/2). Dikatakan ada ketentuan dan persyaratan yang harus diperhatikan. Diantaranya pria dan bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI. Pendidikan minimal SMP, memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm, serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam mengikuti pendidikan pertama sampai dengan 2 tahun setelah selesai pendidikan pertama. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun dihitung mulai saat dilantik menjadi prajurit TNI AD. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.

"Tentunya juga harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi, dministrasi, kesehatan, jasmani, mental, ideologi, dan psikologi. Selain itu, para peserta juga memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) aktif," ungkap Kolonel Jonny.

Dalam pelaksanaannya dibagi menjadi dua tahap, yaitu Sub Panda dan Sub Panpus. Dimana pada tingkat Sub Panda diawali dengan melaksanakan pendaftaran secara online dengan alamat rekrutmen-tni.mil.id terhitung mulai tanggal 1 Januari 2021 sampai dengan 7 Maret 2021.

Apabila secara online terjadi gangguan, maka dapat mendaftarkan diri secara langsung dan minta penjelasan lebih lanjut di Ajendam IX/Udayana untuk wilayah Provinsi Bali, di Ajenrem 161/Wira Sakti Kupang untuk wilayah NTT, dan di Ajenrem 162/Wira Bhakti, Mataram untuk wilayah Provinsi NTB.

"Selanjutnya pada tanggal 8 Maret sampai 19 Maret 2021 dilaksanakan pendaftaran ulang dan validasi. Tanggal 22 Maret sampai dengan 31 Maret 2021 pengecekan/tes awal. Kemudian pada tanggal 1 April dan 2 April 2021 dilaksanakan parade dan pengumuman tingkat Sub Panda," beber Kolonel Jonny.

Setelah dinyatakan memenuhi syarat pada tingkat seleksi Sub Panda, para peserta akan melaksanakan pemeriksaan/pengujian di tingkat Sub Panpus pada tanggal 7 April sampai 18 April 2021. Bagi para peserta yang dinyatakan lulus dalam seleksi akan langsung dan berhak untuk mengikuti Pendidikan Pertama (Dikma) Cata PK Gelombang I tahun 2021 yang di buka secara resmi pada tanggal 21 April 2021 di Rindam IX/Udayana. *pol

Komentar