nusabali

Cat Café Sanur, Kafe Unik yang Ingin Selamatkan Kucing Jalanan

  • www.nusabali.com-cat-cafe-sanur-kafe-unik-yang-ingin-selamatkan-kucing-jalanan

DENPASAR, NusaBali.com
Penyuka kucing di Bali pasti senang jika mengetahui keberadaan tempat ini. Ada sebuah kafe bertemakan kucing bernama Cat Café Sanur berlokasi di Jalan Danau Tamblingan 77 Sanur, Denpasar Selatan.

Sesuai namanya, saat datang ke kafe ini, akan terlihat desain kafe yang sangat ramah terhadap kucing. Bahkan terasa seperti memasuki rumah kucing. Terdapat bagian yang dibentuk seperti jembatan, pohon, tempat mencakar bahkan juga tempat bermain. Ada juga alat-alat bermain untuk kucing seperti cat teaser atau pancingan, boneka kecil untuk digigiti, serta serangga atau bahkan tikus mainan.



Konsep mendirikan kafe unik ini berangkat dari rasa iba perempuan bernama  Sora Yang terhadap kucing-kucing jalanan. “Saat saya pindah ke Sanur, di lingkungan rumah banyak sekali kucing yang kelihatan sakit dan kondisinya buruk,” ungkap Sora soal pengalamannya dua tahun silam.

Akhirnya perempuan asal Korea Selatan ini membawa beberapa ekor kucing ke Villa Kitty Ubud yang menerima kucing untuk dirawat. “Sayangnya, karena kucing yang dirawat sudah banyak, mereka tidak bisa menerima kucing lagi,” cerita perempuan  yang memiliki pasangan warga Finlandia itu.

Setelah berdiskusi dengan suami, Sora yang awalnya memiliki empat ekor kucing akhirnya menyewa sebuah tempat, dan tepat pada 8 Agustus 2019 dibukalah sebuah usaha kuliner Cat Café Sanur. Sora sendiri sudah tinggal di Bali sejak Februari 2007. Sebelumnya ia bekerja sebagai manager di sebuah perusahaan travel di Jimbaran.

Saat ini Cat Café Sanur sudah memiliki 19 ekor kucing. Kucing-kucing tersebut beberapa merupakan milik Sora dan diselamatkan dari jalanan. Sebagian lainnya adalah kucing dari customer yang tidak sanggup merawat lagi. “Selama kami masih bisa merawat, kami terima,” ujar Eliza, salah seorang staf Cat Café Sanur.

Perawatan kucing-kucing ini tentu tidak mudah dan memiliki biaya yang cukup besar. Seekor kucing bisa menghabiskan biaya hingga ratusan ribu setiap bulannya untuk pakan, vaksin, sterilisasi dan pengecekan ke dokter hewan. Untuk itu Cat Café Sanur cukup bergantung pada donasi pengunjung yang datang kesana. Setiap pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20 ribu yang sudah termasuk donasi untuk perawatan kucing-kucing di kafe ini. “Jika ingin berdonasi lebih, kita juga sediakan tempat khususnya. Jika tidak bisa datang ke kafe, bisa juga berdonasi melalui website kami,” jelas Eliza lagi.

Sebenarnya harga tiket masuk sebesar Rp 20 ribu tersebut disebut Eliza merupakan harga corona. Pandemi juga berdampak pada jumlah pengunjung Cat Café Sanur. “Sebelum corona harga tiket masuk Rp 35 ribu dan pengunjung tiap harinya bisa sampai 20 orang. Tapi sekarang saat weekdays hanya 5 orang. Kalau weekend bisa lebih,” imbuh Eliza lagi.



Berbagai minuman tersedia di kafe ini, mulai dari kopi, teh, soft drink, jus, hingga milkshake hingga  bir. Harganya pun mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Untuk makanan, ada makanan ringan berupa frozen cake berbagai rasa, roti dan ice cream. Harganya mulai Rp 7.000 untuk sepotong frozen cake hingga Rp 15.000 untuk ice cream.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir karena kucing-kucing yang ada di Cat Café Sanur sudah divaksin dan disterilisasi. Selain itu di Cat Café Sanur sedang berlaku promo free coffee. “Jika datang saat weekdays yaitu hari Senin sampai Kamis, bisa dapat gratis kopi,” tutur Sora.



Jika ingin berkunjung saat weekdays yaitu hari Senin hingga Kamis, Cat Café Sanur buka mulai pukul 09.00 hingga 14.00 Wita. Sedangkan pada weekend yaitu hari Jumat hingga Minggu, Cat Café Sanur buka mulai pukul 09.00 hingga 20.00 Wita.*

Komentar