nusabali

Diusulkan, Ida Dewa Agung Jambe Jadi Pahlawan Nasional

  • www.nusabali.com-diusulkan-ida-dewa-agung-jambe-jadi-pahlawan-nasional

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin rapat koordinasi pengusulan gelar pahlawan nasional Ida Dewa Agung Jambe, di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (9/2).

Rapat dihadiri Sekda Klungkung Kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Tjokorda Gde Ngurah selaku perwakilan Puri Agung Klungkung, dan lainnya. Bupati Suwirta berpesan dalam pengajuan usulan ini supaya benar-benar disiapkan secara matang segala persyaratan yang dibutuhkan. Dinas terkait diminta membuat daftar persyaratan atau check list yang harus dipenuhi. Bupati juga berencana menggunakan nama Ida Dewa Agung Jambe pada monumen dan Lapangan Puputan sebagai salah satu syarat dalam pengajuan ini. "Dokumentasikan semua persyaratan yang telah berhasil dilengkapi sehingga yang dibahas dalam rapat hanya hal-hal yang belum bisa dikumpulkan. Saya berharap semoga April ini bisa selesai dan segera diusulkan,” ujar Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Klungkung I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya mengatakan, bersama tim yang telah dibentuk, akan segera menindaklanjuti instruksi Bupati Suwirta. Tim ini nantinya akan mengadakan penelitian dan pengkajian kelengkapan administrasi persyaratan calon pahlawan nasional yang diusulkan.

Dia mengaku segera berkoordinasi dengan Kemensos RI untuk menyelenggarakan seminar calon usulan pahlawan nasional Ida Dewa Agung Jambe. Seminar sebagai salah satu syarat pengajuan gelar ini, nantinya akan dihadiri oleh sejarahwan, cendikiawan, pemuka adat dan agama serti pihak yang berkompeten lainnya.

Untuk diketahui, Ida Dewa Agung Jambe, merupakan pendiri Kerajaan Klungkung pada tahun 1686 dan merupakan penerus dinasti Kerajaan Gelgel. Dahulunya, Kerajaan Gelgel merupakan pusat kerajaan di Bali dan pernah mengalami masa keemasan pada masa kepemimpinan Dalem Watu Renggong. Saat Perang Puputan, Raja Klungkung Ida Dewa Agung Jambe gugur bersama para pengikutnya saat bertempur melawan penjajah Belanda. *wan

Komentar