nusabali

Menteri Pariwisata Rencana Buka Festival Semarapura

  • www.nusabali.com-menteri-pariwisata-rencana-buka-festival-semarapura

SEMARAPURA, NusaBali - Pemkab Klungkung menggelar rapat finalisasi Festival Semarapura ke-6 di ruang Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (23/4) pagi.

Rapat dipimpin Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika. Festival Semarapura yang bertepatan dengan Hari Puputan Klungkung ke-116 dan HUT ke-32 Kota Semarapura berlangsung selama 4 hari, 28 April-1 Mei 2024. Rencananya, Festival Semarapura dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Rapat finalisasi dihadiri Wakapolres Klungkung Kompol I Komang Sura Maryantika dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD). Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati mengatakan, Festival Semarapura akan dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Uno sekaligus membuka Festival Semarapura, Minggu (28/4) pukul 15.30 Wita. Kadis Kebudayaan Klungkung selaku Ketua Kordinator Pelaksana, I Ketut Suadnyana, mengatakan pembukaan festival akan diisi pementasan Tari Lawang Balingkang. 

Selain penampilan tari-tarian, fashion show dan kesenian, festival juga diisi pameran ekonomi kreatif, pemberdayaan UMKM, dan kuliner. Festival Semarapura akan dimeriahkan oleh artis-artis Pop Bali di antaranya Margi, Dek Arya, Tika Pagraky, Wira Krisna, Leeyonk Sinatra, Alien Child, dan artis nasional Marcello Tahitoe (Ello). Setelah pembukaan dilanjutkan meninjau demo pembuatan keris serta meninjau stand UMKM.

Wakapolres Kompol Komang Sura siap mendukung kegiatan ini. Polres Klungkung bersinergi dengan TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Pasikian Pecalang Desa Adat Semarapura untuk pengamanan. Festival Semarapura ke-6 akan menggunakan jalan utama dari Jalan Untung Surapati tepatnya depan Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe hingga Jalan Diponegoro. Personel Polres Klungkung akan diploting untuk melaksanakan pengamaan, baik dari penutup jalur, lokasi parkir hingga lokasi tempat tempat digelarnya stand UMKM. “Dengan hadirnya Polri di tengah masyarakat dapat menciptakan keamanan dan suasana kondusif,” ujar Kompol Komang Sura. 7 wan

Komentar