nusabali

Penanganan Sampah dan Stunting Prioritas Tahun 2025

  • www.nusabali.com-penanganan-sampah-dan-stunting-prioritas-tahun-2025

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menghadiri penutupan Musrenbang (musyawarah perencanaan pembangunan) RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Klungkung tahun 2025 di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (16/4).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Klungkung, I Ketut Arie Gunawan, mengatakan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten Klungkung Tahun 2025 prioritaskan penanganan sampah dan stunting. 

Jendrika menyampaikan apresiasi atas kinerja organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klungkung dalam menyusun RKPD tahun 2025. “OPD agar tetap berkomitmen dan semangat, terus berupaya meningkatkan kinerja dalam rangka menciptakan sinergitas yang baik antar OPD dalam upaya meningkatkan PAD Kabupaten Klungkung,” harap Jendrika. Sebelumnya, Jendrika membuka Musrenbang RKPD di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Senin (1/4) pagi.

Jendrika mengatakan, pendapatan asli daerah (PAD) membatasi Pemkab Klungkung menjalankan roda pembangunan. Untuk membangun diperlukan dana yang cukup besar. Maka sumber-sumber PAD dan potensi penerimaan jangan ditutup. Seperti pendapatan dari pajak reklame dan mengoptimalkan penerimaan dari pajak hotel dan restoran serta pendapatan dari parkir. “Kita belum bisa melaksanakan pembangunan dan menyelesaikan sejumlah persoalan secara maksimal karena kondisi keuangan pemerintah daerah,” ujar Jendrika.

Termasuk dalam dalam menangani sampah. “Jika saja Kabupaten Klungkung bisa mengalokasikan dana sebesar Rp 15 miliar maka persoalan sampah akan bisa diselesaikan,” ujar Jendrika. Selain permasalahan sampah dan stunting, program prioritas lainnya yakni peningkatan dan pemerataan infrastruktur, penanggulangan masalah kemiskinan, penanggulangan inflasi, pengembangan ekonomi produktif, dan peningkatan produktifitas tenaga kerja. 7 wan

Komentar