nusabali

Gianyar Siapkan 17 Tempat Penyimpanan Vaksin Covid-19

  • www.nusabali.com-gianyar-siapkan-17-tempat-penyimpanan-vaksin-covid-19

GIANYAR, NusaBali
31.000 vial vaksin Covis-19 Sinovac tahap I tiba di Bali Selasa (5/1) dini hari. Dari jumlah itu, 3.210 vial akan didistribusikan ke Kabupaten Gianyar.

Gianyar  pun menyiapkan 17 tempat penyimpanan vaksin yang ditunggu-tunggu masyarakat.  Direktur Utama RSUD Sanjiwani Gianyar dr Ida Komang Upeksa mengatakan, 3.210 vaksin Covid-19 akan segera di distribusikan di Kabupaten Gianyar. "Tahap pertama adalah sebanyak 3.210 vaksin, kami masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk teknis pendistribusiannya ke Gianyar," ujarnya, Selasa (5/1).

Kata dia, pihak pertama yang akan divaksin adalah para tenaga kesehatan (nakes). "Awalnya kami perlu 2.350 vaksin untuk nakes di Gianyar. Namun yang diberikan sebanyak 3.210 vaksin," jelas dr Upeksa yang juga Plt Kadis Kesehatan Gianyar ini.

Sementara itu, Kepala Bidang Penindakan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, Anak Agung Anom Sukamawa menyebutkan bahwa untuk penyimpanan vaksin di Kabupaten Gianyar telah disiapkan 17 tempat. "17 tempat tersebut terbagi atas 13 Puskesmas, 3 Rumah Sakit, serta 1 di Dinas Kesehatan. Tempatnya sudah kami persiapkan, untuk kedatangan vaksinya kita masih berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali," ungkapnya.

Jelas dia, 13 Puskesemas di Kabupaten Gianyar yang digunakan untuk penyimpanan vaksin ini yakni 2 Puskesmas di Kecamatan Sukawati, 2 Puskesmas di Kecamatan Blahbatuh, 2 Puskesemas di Kecamatan Tampaksiring, 2 puskesmas di Kecamatan Ubud, 2 Puskesmas di Kecamatan Tegallalang, serta 1 Puskesemas di Kecamatan Payangan. Sedangkan rumah sakit yang akan digunakan untuk tempat penyimpanan vaksin Covid-19 yakni RSUD Sanjiwani Gianyar, RS Payangan, serta satu rumah sakit swasta yakni Rumah Sakit Ganesha. "Satu lagi tempat yang digunakan sebagai penyimpanan vaksin ini adalah di Dinas Kesehatan Gianyar," jelas Anak Agung Anom Sukamawa. *nvi

loading...

Komentar