nusabali

Karang Taruna Meliling Tanam Ribuan Pohon

  • www.nusabali.com-karang-taruna-meliling-tanam-ribuan-pohon

TABANAN, NusaBali
Karang Taruna Dharma Praja Mandala, Desa Meliling, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, tanam 1.000 pohon upakara, Minggu (3/1).

Penanaman pohon tersebut sebagai bentuk penyediaan bahan upacara Hindu serta kecintaan terhadap ibu pertiwi.


Pohon di tanaman di sepanjang jalan desa dan Pura Khayangan Tiga Desa Meliling. Ketua Karang Taruna I Made Wisnu Dwi Udayana menjelaskan ribuan pohon upakara ini didapat dari bantuan pihak luar. Mulai dari Yayasan Ekalawya dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Bali. Jenis pohon upakara ini yakni Sandat, Cempaka, Pucuk Arjuna, dan Jempiring. Turut pula ditanam pohon Nangka dan Jambu Biji Merah. "Yang pohon bunga ditanam di areal Pura Khayangan tiga. Pohon buah ditanam di sepanjang Desa Meliling," ungkap Dwi Udayana.

Menurutnya, aksi tanam pohon ini sebagai bentuk cinta terhadap ibu pertiwi. Diharapkan pohon yang ditanam bisa bermanfaat dan membuat Desa Meliling menjadi asri. "Jadi untuk mengawali tahun 2021 kami lakukan bentuk cinta terhadap ibu pertiwi. Kedepan kami harapkan apa yang ditanam menuai hasil yang baik dan bermanfaat," Katanya.

Dwi Udayana menambahkan aksi tanam pohon ini juga bekerjasama dengan para kepala kewilayahan, kelian adat, jero bendesa adat, dan Perbekel Desa Meliling. *des

Komentar