nusabali

YouTube Rewind 2020 Ditiadakan, Versi Kreator Nasional Masih Ada

  • www.nusabali.com-youtube-rewind-2020-ditiadakan-versi-kreator-nasional-masih-ada

DENPASAR, NusaBali.com
Ajang tahunan YouTube Rewind sudah dipastikan tidak akan ada pada tahun 2020 ini. Namun khusus untuk Indonesia, ajang YouTube Rewind Indonesia masih tetap ada dan digelar pada Senin (28/12).

Ajang akhir tahun ini dirilis oleh kanal Indonesian Youtubers. Indonesian Youtubers sendiri beranggotakan Tim2One – ChandraLiow, AULION, Nessie Judge, skinnyindonesian24 (Jovial Da Lopez & Andovi Da Lopez), Eka Gustiwana, Alffy Rev dan Ananta Giovanni Pranaya.

Hal ini diungkapkan oleh Da Lopez bersaudara dalam podcast Deddy Corbuzier yang berjudul ‘Akhirnya YouTube Rewind Indonesia 2020’. Diketahui skinnyindonesian24 akan undur dari YouTube pada tahun 2021 nanti.

"To prove that we have no problem dengan siapa pun yang kalian pikir kita berproblem, gue sama Kak Jo, kita mau mempelopori Youtube Rewind 2020," kata Andovi dikutip dari podcast Deddy Corbuzier itu. Andovi mengatakan YouTube Rewind 2020 akan menjadi karya terakhir mereka sebelum benar-benar meninggalkan YouTube.

YouTube Rewind Indonesia 2020 sendiri dirilis pada Senin (28/12) premier pada 19.45 WIB. Warganet pun menyambut antusias dan beramai-ramai menantikan video ini. Sampai-sampai Chandra Liow menantang warganet untuk membuat video reaksi terkait YouTube Rewind Indonesia 2020 nanti melalui postingan Instagramnya ia mengunggah sebuah video. “Kita tantang kalian semua yang mau buat video reaction, bikin! Bikin! Kita tantang ya,” ujarnya antusias. Dalam video tersebut terlihat Aulion juga sedang bersama dengan Youtuber tersebut.

Sebelumnya untuk YouTube Rewind 2020 level dunia ditiadakan lewat pengumuman 13 November 2020.

“Tahun 2020 berbeda. Kami merasa janggal (jika tetap merilis Rewind),” tulis YouTube.

YouTube Rewind sendiri merupakan video yang berisi kumpulan video-video menarik dari para kreator yang cukup berpengaruh di YouTube dalam setahun tersebut sebagai bentuk apresiasi.

Dimulai dari tahun 2010, YouTube Rewind awalnya mendapatkan respons positif dari masyarakat luas yang menonton videonya. Namun, pada tahun 2018, YouTube Rewind memecah rekor dengan mendapat dislikes terbanyak sebesar 18 juta, lebih banyak daripada likes yang didapatkan yaitu 2,9 juta saja.

Ketiadaan YouTube Rewind 2020 ini mendapat berbagai respons dari masyarakat. Ada yang mengerti tetapi ada juga yang tetap ingin Youtube Rewind 2020 dirilis. Dan akhirnya untuk Indonesia, tetap ada.*cla

Komentar