nusabali

Deretan Fitur Terbaik YouTube Music, Putar Musik Makin Asyik

  • www.nusabali.com-deretan-fitur-terbaik-youtube-music-putar-musik-makin-asyik

DENPASAR, NusaBali.com - Spotify dan Apple Music adalah raksasa soal urusan streaming musik. Tapi jangan salah, YouTube Music juga terus berbenah.  Meskipun beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai produk sampingan YouTube, platform streaming musik ini menawarkan banyak fitur berbeda yang akan mengubah cara Anda mendengarkan lagu di ponsel atau komputer.

Sebelum ada platform ini, banyak orang yang menggunakan video YouTube kemudian mengunduh konten di dalamnya. Misalnya, menggunakan layanan Y2Mate. Hingga kini, langkah ini masih banyak dilakukan orang, terutama jika ingin menyimpan lagu ke ponsel. 

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk beralih atau sudah menjadi penggunanya, berikut adalah beberapa fitur yang perlu Anda coba.

1. Dukungan Google Cast

Ketika berpindah perangkat, platform ini akan membuat prosesnya jauh lebih mudah berkat dukungan Google Cast. Anda dapat mentransmisikan lagu apapun yang Anda dengarkan dari ponsel ke perangkat apa saja yang juga mendukung fitur tersebut. Misalnya, speaker, headphone hingga TV. 

2. Mencari Lagu Berdasarkan Lirik

Kadang-kadang Anda sedikit mengingat tembang dengan lirik tetapi tidak dengan judulnya. Dengan platform ini, Anda tidak perlu khawatir lagi karena selama Anda mengetahui beberapa lirik, aplikasi akan menemukan tembang itu untuk Anda.

Anda harus mengetikkan lirik apapun yang Anda ingat pada kolom pencarian, dan aplikasi akan mencari tembang yang menampilkan lirik tersebut. 

3. Bikin Radio Personal

Fitur ini sangat mirip dengan Spotify. Perbedaannya adalah platform ini melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik, dengan menggunakan algoritma Google. Sehingga lebih akurat daripada algoritma Spotify.

Aplikasi ini juga memiliki akses ke riwayat YouTube Anda. Jadi setelah Anda meluncurkan dan masuk ke akun, Anda akan mendapatkan rekomendasi berdasarkan langganan, serta riwayat tontonan dan pencarian Anda.

Untuk mendengarkan daftar putar ini, putar tembang yang Anda sukai, ketuk tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar, dan pilih Mulai radio .
Jika Anda memiliki daftar putar yang ingin Anda bagikan dengan teman, Anda segera mengirimkan tautan daftar putar Anda kepada mereka. Setiap kali Anda menambahkan atau menghapus tembang, playlist akan diperbarui secara real-time.

4. Lewati Iklan dalam Versi Gratis

Iklan di platform ini terkadang cukup mengganggu, tetapi mendapatkan iklan saat mencoba mendengarkan nyanyian bahkan lebih membuat frustasi. Versi gratis sebagian besar layanan streaming menampilkan iklan yang tidak dapat dilewati. 

Dan meskipun versi gratis memiliki iklan, sebagian besar dapat diabaikan. Kata kuncinya adalah sebagian besar. Sama seperti YouTube, beberapa iklan tidak dapat dilewati. Selain itu, Anda juga dapat melewati trek dan mengacak trek.

5. Gunakan Lagu Favorit Sebagai Alarm

Bangun dengan nada dering yang sama setiap hari akhirnya menjadi membosankan. Dengan platform ini, Anda dapat memeriahkan pagi hari dengan menyetel trek favorit sebagai nada alarm. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Jam Google untuk menggunakan fitur ini.

Dari aplikasi Jam, pilih Alarm dan atur ke waktu yang diinginkan. Tekan panah Bawah dan ketuk ikon Nada Dering kemudian pilih. YouTube Music. Selanjutnya, pilih trek favorit sebagai nada dering. Sayangnya, fitur ini tidak berfungsi di iPhone.

6. Unggah Perpustakaan Musik

Jika Anda sudah memiliki daftar putar yang dipersonalisasi di PC, Anda tidak perlu meninggalkannya. Dengan platform ini, Anda dapat dengan mudah mengupload semua trek dari PC lewat browser. Dengan cara ini, Anda dapat mengakses semua trek Anda di perangkat apa pun dengan masuk menggunakan akun Anda.

Buka situs platform ini di PC Anda, dan masuk ke akun Anda. Klik ikon Profil. Lalu pilih Unggah musik, pilih trek yang ingin Anda masukkan, dan tekan Buka. Semua trek akan ditambahkan ke perpustakaan Anda. 

7. Blokir Konten Eksplisit

Tidak jarang layanan streaming musik berisi konten yang tidak sesuai untuk anak-anak. Untuk mencegah hal ini, platform ini memungkinkan Anda menyembunyikan video dewasa dengan Mode Terbatas .

Jika Anda ingin mengaktifkan mode tersebut, ketuk ikon Profil, pilih Setelan, tekan Umum, dan aktifkan Mode Terbatas. Mode ini secara otomatis memblokir trek yang berisi konten dewasa, lirik yang menyinggung, atau materi eksplisit lainnya.

Komentar