nusabali

Klungkung Lima Besar Kabupaten Inovatif Nasional

  • www.nusabali.com-klungkung-lima-besar-kabupaten-inovatif-nasional

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung kembali menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, sebagai salah satu kabupaten kategori sangat inovatif dengan nilai skor indeks di atas 8.000 dan menempati peringkat ke-5 untuk kategori kabupaten/kota se-Indonesia.

Penghargaan berupa piala dan piagam diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian yang diwakili Kepala Badan Pengembangan dan Penelitian (BPP) Kemendagri Agus Fatoni kepada Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra mewakili Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di Hotel Sultan Jakarta Selatan, Jumat (18/12).

Penghargaan diraih karena Klungkung dinilai sebagai salah satu kabupaten dengan jumlah inovasi terbanyak, dan dianggap memberikan solusi dan terobosan dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Serta berhasil mewujudkan good governance dan penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan indeks penilaian daerah tahun 2020.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, menyatakan bangga bisa bersama 27 kabupaten/kota se-Indonesia meraih penghargaan ini. Walaupun bukan tujuan namun tetap bersyukur. “Penghargaan akan kami gunakan sebagai motivasi untuk lebih maksimal dalam bekerja melayani masyarakat dengan seluruh jajaran/OPD. Dengan prestasi ini pemkab dapat tambahan DID (dana insentif daerah). Suksma sareng sami,” ujar Bupati Suwirta, Sabtu (19/12).

Sebelumnya, Pemkab Klungkung meraih piagam penghargaan atas prestasi penyelenggaraan pemerintah daerah dengan skor 3.2897 dan status kinerja sangat tinggi.

Prestasi ini berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2018. Penghargaan tersebut diterima Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, setelah dikirim langsung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (12/11). Beberapa indikator penilaian dalam LPPD itu yakni manajemen penyelenggaraan pemerintah daerah meliputi; tataran pengambilan kebijakan, pelaksanaan kebijakan dalam tugas dan fungsi sebagai pelayan masyarakat. *wan

Komentar