nusabali

Pembangunan Kantor Desa Tamanbali Mangkrak

  • www.nusabali.com-pembangunan-kantor-desa-tamanbali-mangkrak

BANGLI, NusaBali
Pembangunan kantor Desa Tamanbali, Kecamatan/Kabupaten Bangli mangkrak.

Finishing yang direncanakan pada tahun 2020 tidak bisa berjalan karena adanya pengalihan penggunaan dana. Kelanjutan pembangunan kantor di tahun 2021 pun terancam tak bisa dilaksanakan karena minimnya anggaran.

Perbekel Desa Tamanbali, Nyoman Suargita, mengatakan pembangunan kantor Desa Tamanbali dilakukan secara bertahap. Finishing direncanakan tuntas pada tahun 2020. “Karena pandemi Covid-19 yang berimbas pada recofusing anggaran, maka pembangunan kantor desa tidak bisa dilanjutkan,” ungkap Nyoman Suargita, Kamis (17/12). Pembangunan tahap awal membuat struktur bangunan dan tembok. Kantor lama sudah tidak representatif sehingga dilakukan perombakan.

Sementara di tahun 2021 kelanjutan pembangunan juga tidak bisa dilaksanakan. Penyebabnya alokasi dana desa (ADD) yang diterima menurun dari tahun sebelumnya. “Di tahun 2021 kami hanya mengelola ADD sebesar Rp 1.033.000.000, sedangkan di tahun 2019 ADD hampir Rp 1,6 miliar,” jelasnya. Menurut Nyoman Suargita, ADD yang yang dikelola di tahun 2021 hanya cukup untuk bayar gaji dan operasional kantor.

Sementara dana desa yang dikelola sebesar Rp 900 juta. Anggaran itu dimanfaatkan untuk pelatihan kader posyandu, Bantuan Langsung Tunai (BLT), dan kegiatan fisik untuk masyarakat. Menurut perbekel asal Banjar Dinas Gaga ini, juklak juknis dana desa tidak bisa dimnafaatkan untuk pembangunan kantor. Bisa digunakan untuk penguatan pemberdayaan masyarakat. *esa

loading...

Komentar