nusabali

Firmino Bawa Liverpool ke Puncak

Mourinho Klaim Tottenham Pantas Menang

  • www.nusabali.com-firmino-bawa-liverpool-ke-puncak

Klopp tidak kaget Firmino mencetak gol itu. Pasalnya, Firmino selalu tampak percaya diri pada setiap sesi latihan. Pelatih Jerman itu berharap Firmino untuk tidak meragukan kemampuannya sendiri.

LIVERPOOL, NusaBali

Gol sundulan Roberto Firmino pada menit ke-90 membawa Liverpool menggusur Tottenham Hotspur, 2-1, pada laga pekan ke-13 Liga Inggris, di Stadion Anfield, Kamis (17/12) dinihari Wita. Kemenangan itu membuat The Reds di puncak klasemen dan unggul tiga poin atas Spurs.

Kini Liverpool meraih 28 poin, dan Spurs tersalip di urutan kedua dengan 25 poin. Southampton dan Leicester yang masing-masing menduduki urutan ketiga dan keempat sama-sama mengumpulkan 24 poin.

Di laga itu, Mohamed Salah membawa Liverpool unggul terlebih dulu, sebelum Son Heung-min menyamakan kedudukan untuk Spurs pada menit ke-33. Tuan rumah mendominasi laga, namun tim tamu sempat menciptakan sejumlah peluang terbaik setelah jeda.

Namun sundulan Firmino yang memanfaatkan tendangan sudut memastikan kemenangan The Reds. Manajer Liverpool Juergen Klopp menyatakan gol Firmino adalah cara terbaik menjawab keraguan publik yang mengarah ke penyerang asal Brasil itu.

Klopp sendiri tidak kaget Firmino mencetak gol itu. Sebab menurutnya, Firmino selalu tampak percaya diri di sesi latihan. Pelatih Jerman itu berharap Firmino tidak pernah meragukan kemampuannya sendiri.

Klopp mengaku, dirinya dan timnya tidak penting siapa yang mencetak gol. Namun Liverpool mampu menyarangkan bola ke gawang lawan di setiap pertandingan. Menurutnya, Firmino memiliki peran besar, entah itu membuka ruang bagi rekannya atau mengirimkan umpan.

"Orang-orang tidak melihat proses itu dan saya paham, tetapi saya tidak kaget Bobby mencetak gol.  Saya senang, di satu sisi karena itu sangat penting bagi tim dan baginya, tetapi terutama bagi tim," pungkas Klopp.

Sementara itu, pelatih Spurs Jose Mourinho mengatakan, timnya pantas menang melawan Liverpool.  Pasalnya, Spurs hampir unggul di babak kedua, dengan Harry Kane dan Steven Bergwijn gagal memanfaatkan peluang yang emas.

Kegagalan itu harus dibayar mahal dan Mourinho merasa timnya pantas mendapatkan yang lebih baik di Anfield, meski hanya mencatatkan 24 persen penguasaan bola dan dua tembakan tepat sasaran dibandingkan dengan 11 tembakan Liverpool.

"Kami pantas menang. mereka menguasai bola, tetapi permainan terkendali. Dalam pertandingan seperti itu, saat tidak memiliki 10 peluang, hanya tiga atau empat, maka harus mencetak tiga gol dan membunuhnya, yang tidak kami lakukan,"kata Mourinho.

Menurutnya, hasil imbang mungkin akan menjadi hasil yang adil, tetapi kekalahan itu benar-benar tidak adil.  Mourinho yakin, Liverpool dapat dikalahkan, tapi dia frustrasi ketidakmampuan timnya memanfaatkan peluang.

Sedangkan pada laga lainnya, Everton menggebuk Leicester City 2-0. Kemenangan itu menjadi yang keempat bagi Everton dalam tujuh laga tandang musim ini. Sebelumnya mereka menang 1-0 atas Chlsea dalam kandang akhir pekan lalu. Kini tim Merseyside itu naik ke urutan kelima dalam klasemen liga dengan 23 poin, sebaliknya Leicester tersalip Southampton yang seri 1-1 melawan Arsenal. *ant

Komentar