nusabali

Sanjaya Rombak Total Pimpinan OPD

Wujudkan Tabanan Era Baru, Bangun Desa Berbasis Data

  • www.nusabali.com-sanjaya-rombak-total-pimpinan-opd

TABANAN, NusaBali
Pasangan Calon Bupati-Calon Wakil Bupati Tabanan 2021-2026 terpilih hasil Pilkada 2020, I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira), rancang sederet program prioritas menuju ‘Tabanan Era Baru’, termasuk tuntaskan perbaikan infrastruktur dan pembangunan desa berbasis data.

Calon Bupati terpiliah IKG Sanjaya pun memastikan akan lakukan perombakan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) secara besar-besaran. IKG Sanjaya menyebutkan, perombakan pimpinan OPD secara besar-besaran ini dilakukan untuk penyegaran dan bisa mewujudkan program Tabanan yang Unggul, Aman, dan Madani. Menurut Sanjaya, perombakan akan dilakukan mulai dari posisi Sekda Kabupaten Tabanan hingga jajaran pejabat Eselon IV.

“Perombakan pimpinan OPD tidak atas dasar like and dislike, tetapi murni penempatan pejabat sesuai dengan kompetensinya. Perombakan yang akan dilakukan nanti juga sesuai dengan aturan,” ujar Sanjaya di Tabanan, Rabu (16/12).

Sanjaya menegaskan, evaluasi kinerja penting dilakukan agar orang yang mengisi jabatan sesuai dengan kompetensinya. “Pejabat OPD Pemkab Tabanan harus  memahami program Jaya-Wira," tandas politisi PDIP asal Banjar Dauhpala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan yang masih menjabat Wakil Bupati Tabanan 2016-2021 ini.

Menurut Sanjaya, dengan adanya evaluasi kinerja sesuai kompetensinya, maka akan gampang mengimplementasikan program ke masyarakat. “Nantinya akan ada reformasi birokrasi dan revolusi mental,” jelas Sanjaya sembari menyebut evaluasi kinerja pimpinan OPD, pejabat Eselon II, hingga Eselon IV akan dilakukan begitu Jaya-Wira dilantik sebagai Bupati-Wakil Bupati Tabanan, Februari 2021 mendatang.

Sementara, dalam 100 Hari Pertama Kepemimpinannya, target utama Jaya-Wira adalah menuntaskan infrastruktur jalan yang masih rusak. Sanjaya menegaskan, jalan yang rusak akan diperbaiki menggunakan beton dan hotmik, sesuai dengan kondisi alam.

Selain infrastruktur jalan, kata Sanjaya, infrastruktur pertanian juga menjadi program prioritas Jaya-Wira menuju Tabanan Era Baru. Dalam hal ini, Jaya-Wira akan main di pertanian sektor hilir. Pasca panen, petani akan diperhatikan dan dibuatkan regulasi agar bisa dibeli hasil pertanian mereka.

"Fokusnya, Jaya-Wira akan membantu, mengawal, dan upayakan membeli hasil pertanian di hilir. Mungkin nanti akan disinergikan dengan BUMDes yang ada di masing-masing desa," tegas Ketua DPC PDIP Tabanan ini.

Pada dasarnya, kata Sanjaya, prioritas pembangunan menuju Tabanan Era Baru tentu mewujudkan visi misi ‘Nangun Sat Kerthi Lokasi Bali’ melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana untuk mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani. "Pembangunan secara keseluruhan pasti mewujukan visi misi dan janji. Program Tabanan Serasi yang sudah bagus, akan kami teruskan, yang kurang akan dilengkapi dengan program Satu Jalur. Kita jalankan program tegak lurus antara pusat, provinsi, dan kabupeten," papar Sanjaya.

Sanjaya menambahkan, Jaya-Wira akan membangun Tabanan mulai dari desa. Caranya, Jaya-Wira akan membangun desa berbasis data, agar desa-desa itu bisa berdikari dan mandiri. "Tujuan kita membangun desa, agar bisa menggerakkan UMKM di 133 desa. Sebab, UMKM itu adalah ketahanan ekonomi paling bagus di tengah pandemi Covid-19," katanya.

Menurut Sanjaya, dengan pembangunan desa berbasis data, pemerintah akan mudah mengetahui secara detail potensi dan permasalahan desa itu sendiri. Misalnya, desa-desa di Kecamatan Pupuan yang sebagian besar masyarakatnya berkebun kopi, itu harus didata dengan benar. Sehingga ketika ada permasalahan, akan mudah pemerintah mencarikan solusi.

"Saya harapkan dengan membangun desa berbasis data, nantinya mudah mengetahui apa yang menjadi keinginan masyarakat setemeat, sehingga mudah memberikan acuan untuk mewujudkan desa bersangkutan menjadi mandiri dan berdikari," papar politisi peraih suara terbanyak se-Bali untuk kursi DPRD Kabupaten/Kota saat lolos ke DPRD Tabanan 2009-2014 dalam Pileg 2009 ini.

Jaya-Wira sendiri dipastikan terpilih menjadi Bupati-Wakil Bupati Tabanan 2021-2026 setelah memenangkan Pilkada Tabanan, 9 Desember 2020. Dalam Pilkada Tabanan 2020, Jaya-Wira (yang diusung PDIP-Gerindra) menang telak atas pasangan AA Ngurah Panji Astika-Dewa Nyoman Budiasa (Panji-Budi), Cabup-Cawabup yang diusung Golkar-NasDem-Demokrat.

Berdasarkan rekapitulasi KPU, Jaya-Wira unggul dengan 207.276 auara atau 72,88 persen suara. Sedangkan Panji-Budi hanya memperoleh 77.141 suara atau 27,12 persen. Perlu dicatat, Jaya-Wira sapu bersih kemenangan telak di 10 kecamatan se-Tabanan. *des

Komentar