nusabali

Sanjaya Bulat Diusulkan Cabup Lagi

Pilgub, PDIP Tabanan Usul Koster-Ace dan Koster-Giri

  • www.nusabali.com-sanjaya-bulat-diusulkan-cabup-lagi

Untuk posisi Cawabup, ada empat nama yang muncul dalam rapat kemarin, yakni I Made Edi Wirawan, I Made Dirga, I Nyoman Mulyadi dan I Putu Desta Kumara

TABANAN, NusaBali
Jajaran DPC PDI Perjuangan (PDIP) Tabanan menggelar rapat khusus internal di Sekretariat DPC PDIP Tabanan Jalan Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan/Kabupaten Tabanan pada, Jumat (19/4) sore. Rapat yang digelar ini berkaitan dengan penjaringan bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati (Cabup-Cawabup) Pilkada Tabanan 2024 serta penjaringan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) di Pilgub Bali 2024.
 
Hasil rapat yang dihadiri jajaran pengurus DPC PDIP diperluas dengan KSB dan PAC se-Kabupaten Tabanan ini bulat mengusulkan dua paket Cagub-Cawagub Bali, yakni Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Koster-Ace) dan Wayan Koster-I Nyoman Giri Prasta (Koster-Giri). Menariknya, dalam penjaringan itu seluruh jajaran yang hadir bulat mengusulkan I Komang Gede Sanjaya kembali maju sebagai calon bupati (Cabup) Tabanan pada Pilkada, 27 November 2024 nanti. 

Sementara untuk posisi Cawabup, ada empat nama yang muncul atau diaspirasikan kader dalam rapat kemarin, yakni I Made Edi Wirawan, I Made Dirga, I Nyoman Mulyadi dan I Putu Desta Kumara. Terkait banyak nama yang muncul untuk posisi Cawabup diputuskan selama seminggu ke depan DPC PDIP Tabanan akan membuka pendaftaran untuk penjaringan Cawabup Tabanan. Kader yang berminat diminta untuk mengambil formulir ke Kantor DPC PDIP Tabanan. 

Empat nama kandidat Cawabup yang muncul ini sebagian besar sudah familiar. Made Edi Wirawan adalah tandem dari I Komang Gede Sanjaya saat ini sebagai Wakil Bupati Tabanan (incumbent). Politisi asal Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan ini sebelum diinstruksikan mendampingi Sanjaya di Pilkada Tabanan 2020 lalu, dia adalah anggota DPRD Tabanan. 

Selanjutnya I Made Dirga adalah politisi senior asal Desa Sudimara, Kecamatan/Kabupaten Tabanan yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD Tabanan. Bahkan di Pileg 2024 ini dia juga berhasil merebut kursi dengan raihan suara yang mumpuni. Sebaliknya I Putu Desta Kumara adalah kader PDIP yang anggota DPRD Tabanan asal Desa Delod Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan. Di Pileg 2024 dia juga berhasil lolos untuk yang ketiga kalinya menjadi anggota DPRD Tabanan. 

Sedangkan terakhir adalah I Nyoman Mulyadi. Politisi asal Desa/Kecamatan Kediri ini notabene Ketua PAC PDIP Kecamatan Kediri serta pengusaha di bidang properti dan bos Toko Nyoman, Kediri, Tabanan. Ketua DPC PDIP Tabanan, I Komang Gede Sanjaya mengatakan rapat internal digelar sesuai dengan instruksi dari DPD PDIP Bali dan DPP PDIP untuk menggelar penjaringan Pilkada dan Pilgub. Sehingga di tengah kesibukan para pengurus partai di tingkat eksekutif dan legislatif meluangkan waktu untuk melaksanakan penjaringan. 

Foto: Suasana rapat penjaringan bakal Cabup-Cawabup dan Cagub-Cawagub di Kantor DPC PDIP Tabanan, Jumat (19/4). -IST

"Jadi hasil dari rapat penjaringan memutuskan untuk Pilgub Bali ada dua paket yang diusulkan, yakni Koster-Ace dan Koster-Giri. Kita sangat mendukung kemimpinan Pak Koster. Sedangkan untuk urusan calon bupati saya sendiri sebagai Ketua DPC PDIP Tabanan kompak diusulkan menjadi calon bupati kembali," ujar Sanjaya usai rapat. 

Disebutkan rapat yang digelar ini juga bagian dari komitmen DPC PDIP Tabanan. Apalagi PDIP Tabanan mendapat apresiasi dari DPP PDIP dan DPD PDIP Bali karena Tabanan salah satu daerah yang berhasil memenangkan Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung PDIP dalam Pilpres, 14 Februari 2024 lalu. Selain itu untuk Pileg 2024, PDIP Tabanan berhasil mendulang prestasi yang fantastis dari 40 kursi DPRD Tabanan bisa direbut sebanyak 31 kursi atau bisa menguasai 75,15 persen kursi DPRD Tabanan. 

Untuk di tingkat DPRD Provinsi Bali berhasil mempertahankan 4 dari 6 kursi Dapil Tabanan, dan DPR RI Dapil Bali juga meloloskan satu kader dari Tabanan, yakni Nyoman Adi Wiryatama. "Dari yang ditargetkan seluruhnya berhasil dicapai Tabanan. Jadi begitu luar biasa kepercayaan masyarakat terhadap PDIP. Sudah sangat kokoh. Astungkara dari kepercayaan itu infrastruktur dan pembangunan sudah dikerjakan hampir 99 persen," tegasnya. 

Untuk selanjutnya kata Sanjaya hasil aspirasi ini akan disetorkan ke DPP melalui DPD PDIP Bali. Kemudian tinggal menunggu instruksi dari DPP langkah berikutnya. "Kita tegak lurus mengikuti rekomendasikan partai. Siapapun yang direkomendasikan oleh Ketua Umum PDIP (Megawati Soekarnoputri) selaku pemilik hak prerogatif, kita wajib mengikuti dan memenangkan Pilkada Tabanan dan Pilgub Bali 2024," tandas politisi asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan ini. 

Sementara disinggung dengan banyaknya aspirasi nama untuk posisi Cawabup, Sanjaya lebih menyerahkan kepada partai. Sebab dia selaku prajurit atau kader partai selalu tunduk terhadap keputusan. "Urusan cocok dan tidak cocok bukan di kami, saya ini petugas partai yang mencocokkan adalah perintah partai. Saya selalu tunduk terhadap keputusan. Astungkara tidak boleh melawan kehendak," katanya. 

Hal senada ditegaskan oleh Sekretaris DPC PDIP Tabanan, I Nyoman Arnawa. Politisi asal Desa Mangesta, Kecamatan Penebel, Tabanan ini mengatakan bahwa seluruh jajaran pengurus DPC termasuk juga pengurus PAC se-Kabupaten Tabanan kompak 100 persen mendukung I Komang Gede Sanjaya menjadi Calon Bupati (Cabup) Tabanan periode 2024-2029.

Lalu bagaimana dengan posisi Cawabup yang pada periode sebelumnya Wabup dijabat oleh I Made Edi Wirawan? Terkait hal ini, Arnawa yang kerap disapa Komet ini menegaskan mengingat banyak aspirasi dari kader partai yang berniat menjadi Calon Wakil Bupati Tabanan, PDIP membuka kesempatan bagi mereka untuk mengambil formulir pendaftaran di Sekretariat DPC PDIP Tabanan mulai, Sabtu (20/4) sampai dengan seminggu ke depan. 7 des

Komentar