nusabali

Hijaukan Hutan Desa Sumberkima, Ratusan Bibit Pohon Ditanam

  • www.nusabali.com-hijaukan-hutan-desa-sumberkima-ratusan-bibit-pohon-ditanam

SINGARAJA, NusaBali
Desa Sumberkima, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, kembali menggencarkan gerakan penanaman pohon.

Kali ini ratusan bibit pohon ditanam di bukit hutan Desa Sumberkima, Jumat (4/12). Kegiatan ini juga merupakan salah satu rangkaian peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

Perbekel Desa Sumberkima, I Nengah Wirta menyampaikan, kegiatan tanam pohon didasari urgensi melestarikan hutan desa yang luasnya mencapai 276 hektare ini. Pihak desa juga mengajak warganya dengan harapan ikut merawat pohon tersebut supaya tumbuh dengan baik nantinya.

Dalam kegiatan tersebut, Desa Sumberkima turut melibatkan DLH Buleleng Koramil dan Polsek Gerokgak, masyarakat sekitar, serta karang taruna. Adapun jenis pohon yang ditanam kali ini yakni 300 pohon sawo kecik, 50 pohon mangga, dan 50 pujer atau tunas kelapa.

Ratusan bibit pohon yang ditanam ini adalah bantuan CSR dari Bank BPD Bali dan Petani Muda Keren. "Kami memanfaatkan bantuan pohon untuk melestarikan hutan desa. Sebelumnya, penanaman pohon juga sudah dilakukan rutin oleh kami di Pemerintah Desa bersama warga," kata dia.

Dia menyebutkan, penanaman ini juga bertujuan mereboisasi pohon-pohon yang sudah mati sebelumnya dengan memberdayakan Kelompok Lestari Wana Kerti Desa Sumberkima. Ke depannya dalam pemeliharaan dan perawatan pohon yang baru ditanam ini akan dilakukan kelompok tersebut.

Sementara itu, Kepala DLH Buleleng Ariadi Pribadi menyebutkan, hutan desa merupakan salah Satu Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat penting untuk keberlangsungan desa. Untuk itu, hutan Desa Sumberkima seluas 276 hektare ini mesti dijaga kelestarian dan dikendalikan pemanfaatannya.

"Hutan desa berfungsi sebagai sumber mata air, kebutuhan pokok warga desa. Selain itu fungsi hutan desa ini sangat penting sebagai pengendali bencana. Dengan begitu, pentingnya peranan hutan bagi kehidupan masyarakat dan sudah sepatutnya dijaga dan dilestarikan," ujar Ariadi Pribadi.

Tujuan penanaman pohon ini juga untuk mengingatkan agar masyarakat sadar akan keberadaan hutan desa sehingga bisa menjaga dan merawat hutannya. Untuk pihaknya menggencarkan gerakan menanam pohon di hutan-hutan desa yang ada di Buleleng.*cr75

Komentar