nusabali

Pangdam IX/Udayana Pamitan

  • www.nusabali.com-pangdam-ixudayana-pamitan

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Kurnia Dewantara punya kebiasaan menanam pohon di setiap satuan yang ditinggalkannya. Di Bali, dia menanam beringin putih.

DENPASAR, NusaBali
Setelah sekitar 5 bulan menjabat Panglima Kodam IX/Udayana, Mayjen TNI Kurnia Dewantara ditarik ke Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Mengakhiri tugasnya sebagai Pangdam IX/Udayana, Mayjen Kurnia Dewantara pamitan dengan seluruh jajarannya, Sabtu (21/11). Sebagai kenang-kenangan, Mayjen Kurnia Dewantara menanam pohon beringin putih di Asrama Praja Raksaka Kepaon, Denpasar Selatan.

“Seperti kata pepatah, ‘datang tampak muka, pulang tampak punggung’, mulai kemarin saya melaksanakan video conference dengan jajaran menyampaikan ucapan terima kasih dan sekaligus pamitan,” tutur jenderal yang sudah 34 tahun mengabdikan diri sebagai prajurit TNI AD ini.

Mayjen Kurnia Dewantara merasa bangga menjadi warga Kodam IX/Udayana. Dia lebih bersyukur lagi karena dipercaya oleh pimpinan menjadi Pangdam IX/Udayana sejak 25 Juni 2020. Meski terbilang singkat dia bersyukur bisa menyelesaikannya dengan baik. Kini ditarik ke Mabes TNI AD untuk mempersiapkan pensiunnya.

“Saya mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan atau tidak sesuai dengan harapan para Dansat maupun anggota Kodam IX/Udayana. Baik itu dalam rangka kedinasan maupun dalam pergaulan pribadi. Tapi yakinlah apa yang saya lakukan bukan keinginan pribadi,” ujar jenderal yang pada Minggu (22/11/2020) genap usia 58 tahun.

Di sela acara penanaman pohon beringin, Mayjen Kurnia Dewantara mengungkapkan alasannya menanam pohon. Ternyata menanam pohon adalah kebiasaannya. Di setiap satuan yang ditinggalkannya dia memberikan kenangan berupa pohon kenangan. Beringin putih yang ditanamnya kemarin merupakan pohon kenangannya di Kodam IX/Udayana.

Pemilihan pohon beringin putih juga tidak sembarang pilih. Pemilihan pohon itu karena beringin di Bali sebagai pohon yang sering disakralkan. Selain itu pohon beringin sebagai peneduh bagi siapapun yang berada di sekitarnya. “Pohon beringin putih dalam hal ini yaitu putihnya melambangkan kesucian,” tandasnya.

Sepeninggal Mayjen Kurnia Dewantara, jabatan Pangdam IX/Udayana akan diisi oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Mayjen Maruli dimutasi dari jabatannya sebagai Komandan Paspampres. Pria yang juga dikenal sebagai menantu dari Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan itu akan bertanggung jawab atas Kodam Udayana yang wilayahnya Provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. *pol

loading...

Komentar