nusabali

Restorasi Terumbu Karang Gunakan Replika VW

  • www.nusabali.com-restorasi-terumbu-karang-gunakan-replika-vw

SINGARAJA, NusaBali
Inovasi unik dilakukan Pemerintah Desa Tukadmungga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Padat Karya.

Sejumlah replika mobil klasik Volkswagen atau VW tengah dibuat sebagai media tanam terumbu karang di Pantai Happy. Pembuatan replika mobil VW ini merupakan program PEN melalui restorasi terumbu karang atau Indonesia Coral Reef Garden (ICRG) oleh Kementerian Kelautan RI. Sebanyak 42 replika mobil VW yang tengah dibuat dan berencana ditanam di perairan wilayah Desa Tukadmungga.

Di wilayah Buleleng sendiri ada lima pantai lain yang menjadi lokasi program PEN selain Happy di Desa Tukadmungga. Yakni di Pantai Penimbangan, Desa Baktisraga, Pantai Lovina di Desa Kalibukbuk, Pantai Pacung di Desa Pacung, Pantai Bondalem di Desa Bondalem, dan Pantai Les di Desa Tejakula.

Perbekel Desa Tukadmungga, I Putu Madia mengatakan, pembuatan struktur terumbu melibatkan sedikitnya 400 warga desa yang terdampak pandemi Covid-19. "Program dari pemerintah pusat ini sangat membantu di tengah perekonomian yang sedang lesu seperti saat ini," ujar dia, Kamis (19/11).

Putu Madia mengungkapkan, gagasan pembuatan replika mobil VW untuk media tanam terumbu karang ini memang sudah dirancang beberapa tahun lalu. Replika mobil VW sebagai tempat tumbuh terumbu karang ini nantinya diharapkan mampu menjadi keunikan daya tarik wisata bahari.

Bahkan pihaknya juga ingin membuat taman laut dengan menampilkan kearifan lokal yang dimiliki Desa Tukadmungga. "Dengan replika VW ini nantinya akan ada daya tarik dan keunikannya, tersendiri. Dengan media replika VW ini adalah satu-satunya yang ada di Buleleng," ujarnya.

Di sisi lain, tiga jenis media tumbuh terumbu karang yang lain juga dibuat, yaitu pisdom, roti buaya dan spider. Media tersebut dibuat menggunakan bahan baku berupa pipa, balok besi, dan semen. Pembuatannya ditargetkan selesai pada akhir tahun dan akan langsung dieksekusi ke bawah laut.

Dia berharap, konservasi terumbu karang akan mampu meningkatkan daya tarik wisata yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan  masyarakat desa. "Ini bisa kami wariskan kepada anak cucu, dan ke depan akan memberikan dampak besar dengan adanya konservasi terumbu karang ini," tandasnya.*cr75

loading...

Komentar