nusabali

Guru SMKN Abang Terbitkan 'Mulih'

  • www.nusabali.com-guru-smkn-abang-terbitkan-mulih

AMLAPURA, NusaBali
Guru Agama Hindu SMKN 1 Abang, Karangasem, I Nyoman Agus Sudipta, menerbitkan buku kumpulan cerpen berbahasa Bali berjudul ‘Mulih’.

Kumpulan cerpen berbahasa Bali ini merupakan buku keempat karya runner up pemenang Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi Tingkat Dasar yang digelar Balai Bahasa Bali tahun 2018 ini. Ada 12 kisah yang disajikan, termasuk dengan tema Covid-19.

Nyoman Agus Sudipta mengatakan, Mulih dikerjakan hampir selama satu tahun. Kecintaannya menulis untuk turut serta melestarikan sastra Bali modern agar Bahasa Bali tetap ajeg. Penerima penghargaan Gerip Maurip dari Pustaka Ekspresi ini berharap karya terbarunya mendapat apresiasi dari pecinta sastra. “Saya menyajikan 12 cerpen dalam kumpulan buku ini. Tak terkecuali bertemakan Covid-19, orang dalam pemantauan tidak diizinkan pulang kampung. Ada pula bertemakan pemilu,” ungkap Agus Sudipta, Kamis (19/11).

Kedua belas cerpen yang disajikan yakni Drowaka, Enten, Luh, Mulih, Nyen, Nyilih, Nyoblos, ODHA, PMI, Reuni, Sepatu, dan Termos. Drowaka misalnya, mengisahkan seorang ibu yang telah ditinggal mati suaminya, tidak punya anak laki. Maka anak laki-laki tirinya berencana mengembalikan ibu tirinya ke rumah bajang agar seluruh kekayaan warisan sang ayah bisa dikuasai. Sementara Mulih mengisahkan seorang pekerja tidak bisa pulang saat Hari Raya Nyepi karena berstatus ODP (orang dalam pengawasan). “Ini kisah sehari-hari yang mencerminkan situasi sosial di masyarakat,” guru kelahiran 29 September 1984 ini.

Selain menulis sastra, Nyoman Agus Sudipta juga aktif sebagai Ketua Redaksi Majalah Mawiguna Amlapura, Majalah Buratwangi, Sanggar Kata, Suara Saking Bali, dan ikut di Komunitas Literasi Karangasemu. Mantan montir ini juga sering diundang sebagai juri lomba sastra Bali yang digelar di Karangasem terutama saat bulan bahasa atau lomba-lomba yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Karangasem. Karya-karyanya berupa cerpen dan puisi sering dimuat di media cetak. *k16

loading...

Komentar