nusabali

52 Anggota Paskibraka Mulai Berlatih

  • www.nusabali.com-52-anggota-paskibraka-mulai-berlatih
  • www.nusabali.com-52-anggota-paskibraka-mulai-berlatih

AMLAPURA, NusaBali - 52 anggota Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Karangasem, mulai menjalani latihan. Pasukan ini secara khusus untuk acara Apel Bendera HUT ke-78 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Karangasem I Wayan Sutapa memantau latihan tersebut, Senin (10/7), di Lapangan Tanah Aron, Jalan Ngurah Rai, Amlapura. Turut hadir, Kepala Bidang Ideologi dan Wawasan Kebangsaan I Nyoman Adil. "Ini latihan awal, materinya penguatan fisik, mental, dan pengenalan lokasi," jelas I Wayan Sutapa.

Kata dia, pada 17 Agustus nanti upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI juga berlangsung di Lapangan Tanah Aron. Dengan latihan di lokasi ini, maka Paskirbraka lebih awal menyesuaikan keadaan. Latihan mulai pukul 07.00 Wita - 12.00 Wita, di bawah koordinasi Letnan Satu Inf I Ketut Gedur. Turut membantu memberikan materi pelatihan, Peltu I Ketut Budiarta, Serma I Gede Oka Mahendra, Sertu I Wayan Gede Widiarta, dan Sertu I Ketut Catur.

Sutapa memaparkan, dua minggu menjelang puncak HUT RI, latihannya akan dilakukan pagi dan sore. Bagi siswa dari luar Kecamatan Karangasem, sementara bisa tinggal di rumah kontrakan guna memudahkan latihan.

Dari 52 anggota Paskibraka itu, terdiri dari 27 putra, dan 25 putri, untuk pasukan 8, 17, dan 45. "Jumlahnya tidak mencapai 70 siswa, untuk membentuk pasukan itu, tetapi sebutannya pasukan 17, 8 dan 45," jelas Lettu Inf I Ketut Gedur.

Tercatat anggota Paskibraka tahun 2023, dari SMAN 2 Amlapura terbanyak 12 siswa, terdiri dari 6 putra dan 6 putri, menyusul SMAN 1 Amlapura 11 siswa yakni 7 putra dan 4 putri, SMAN 3 Amlapura 6 siswa yakni 4 putra dan 2 putri, SMKN Abang 2 siswa, masing-masing seorang putra dan putri, dan lain-lain.

Sebelumnya, tim menggelar seleksi 6 - 14 April di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Karangasem diikuti 245 siswa. Seleksi awal bertahan 55 siswa, dan seleksi akhir akhirnya menetapkan 52 siswa. Materi seleksi menyangkut wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, tes paraturan baris berbaris (PBB) kesamaptaan dan tes kepribadian.

Persyaratan seleksi, yakni tinggi badan untuk putra 167 - 180 cm dan putri 162 - 175 cm, setiap siswa wajib membawa surat keterangan sehat dari dokter, biodata, kemudian berlanjut tes fisik lari keliling stadion panjang 400 meter selama 12 menit, push up, sit up dan back up. Siswa kelas XI SMAN 2 Amlapura I Made Sugiantika, mengaku secara fisik siap mengikuti semua tahapan latihan.7k16

Komentar