nusabali

Skotlandia Lolos Dramatis Piala Eropa

  • www.nusabali.com-skotlandia-lolos-dramatis-piala-eropa

NYON, NusaBali
Timnas Skotlandia menjadi satu dari empat tim terakhir yang lolos Piala Eropa (Euro 2020) melalui babak playoff.

Skotlandia lolos dramatis ke putaran final, usai mendepak Serbia lewat adu penalti yang berakhir 5-4, pada laga playoff Jalur C, di Stadion Rajko Mitic, Belgrade, Jumat (13/11) dinihari Wita.

Ya, Skotlandia sejak menit ke-52 lewat gol Ryan Christie, menyelesaikan umpan sodoran Callum McGregor. Namun Skotlandia harus memainkan laga perpanjangan waktu dan dilanjutkan hingga adu penalti.

Pasalnya, Luka Jovic menyamakan kedudukan tepat di pengujung waktu normal untuk memaksakan laga dilanjutkan babak tambahan. Bahkan Serbia hampir berbalik mengalahkan Skotlandia pada menit kesembilan babak tambahan pertama Namun kiper Skotlandia David Marshall membuat penyelamatan gemilang.

Skor imbang 1-1 yang tak berubah hingga 120 menit pertandingan memaksa pemenang ditentukan lewat adu penalti. Marshall kembali menjadi penentu sukses Skotlandia, usai menahan eksekusi Aleksandar Mitrovic sebagai algojo pemungkas Serbia.

Keberhasilan itu membuat Skotlandia kembali ke putaran final Euro, setelah terakhir kali tampil pada 1996. Skotlandia tergabung di Grup D Euro 2020 bersama Inggris, Kroasia dan Republik Ceko.

Tiga tim yang menyertai Skotlandia lolos, yakni Slovakia, Hungaria, dan Makedonia. Slovakia menang 2-1 atas Irlandia Utara pada laga playoff jalur B di Windsor Park, Belfas.

Sukses itu membawa Slovakia tampil di putaran final Piala Eropa untuk kedua kalinya sepanjang sejarah. Sebelumnya mereka tampil pada Piala Eropa 2016 dan melaju hingga 16 besar. Slovakia berada di grup E bersama Spanyol, Swedia, dan Polandia

Hungaria juga mengamankan tiket ke putaran final Piala Eropa 2020 berkat kemenangan 2-1 atas Islandia pada laga playoff jalur A, di Puskas Arena, Budapest, Jumat dinihari Wita. Mereka di grup F bersama  Portugal, Prancis, dan Jerman

Selanjutnya, Makedonia Utara ke putaran final Euro 2020 setelah menang 1-0 atas Georgia, di final playoff Jalur D di Stadion Boris Paichadze, Tbilisi. Makedonia Utara akan tergabung di Grup C bersama Austria, Belanda dan Ukraina.

Piala Eropa 2020 tahun depan  menjadi salah satu ajang olahraga yang terimbas pandemi virus Corona. Pesta sepakbola negara-negara Eropa itu mundur satu tahun dan digelar pada 11 Juni-11 Juli 2021. Tempat penyelenggaraan di 12 venue di 12 kota penyelenggara sebagai tuan rumah. Ada 24 tim yang berjuang di Euro 2020. *ant

Komentar