nusabali

Putri Suastini Koster Semangati UMKM Bali di Masa Pandemi

  • www.nusabali.com-putri-suastini-koster-semangati-umkm-bali-di-masa-pandemi

DENPASAR, NusaBali
Demi mendorong UMKM Bali terus mengeluarkan segenap potensinya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali menggelar bazar para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah Bali , 13-15 November 2020.

Pameran yang digelar di Mall Level21 Denpasar dibuka oleh Ketua Dekranasda Provinsi Bali Putri Suastini Koster pada Jumat (13/11).


Tantangan UMKM di masa pandemi Covid-19 diakui berat lantaran wisatawan yang menjadi pasar juga mengalami kemerosotan tajam, bahkan hingga saat ini wisatawan mancanegara belum kembali mengalir ke Pulau Dewata. “Saya menganggap ini proses. Seperti visi misi Bapak Gubernur, Nangun Sat Kerthi Loka Bali. Kita membangun kesejahteraan yang sesungguhnya. Barangkali saat pandemi kita dianggap tidur, saatnya kita bangkit kembali,” dorong Ketua Dekranasda Bali yang juga istri Gubernur Bali I Wayan Koster ini.

Sosok yang juga piawai membacakan puisi ini pun mendorong setiap orang mendukung penuh dengan membeli produk-produk UMKM Bali. Putri Koster juga sempat menyorot kehadiran teknologi yang malah menyaingi kain tenun songket asli Bali. “Untuk itu kita mesti lebih kreatif. Jadi kalau sedang pameran kainnya dijadikan busana agar lebih keren, selain yang memakai juga cantik,” imbaunya.

Bazar Dekranasda Bali ini bersinergi dengan Balimall.id serta Bank BPD Bali. Acara dimeriahkan penampilan musik dari Balawan dan Sunary Rockers.

Pada hari pertama, digelar talkshow ‘UMKM Bali Bangkit Jualan Online di Balimall.id Bayar Pakai QRIS Bank BPD Bali’ dengan narasumber Putri Suastini Koster, Ida Ayu Tri Rasmiwinari dari Bank BPD Bali dan juga Ni Wayan Sri Ariyani selaku CEO Baliyoni Group.


Talkshow selama 30 menit ini membahas bagaimana cara UMKM bisa mendapat bantuan dana dari Bank BPD Bali cukup dengan KTP serta surat izin usaha.

Pada acara ini juga dimeriahkan fashion show Stars Model. Para model juga berkesempatan menampilkan produk Body & Mind dari  Dayu Karang. Pada sesi fashion show, Ikatan Istri Bank BPD Bali juga tidak mau kalah dengan menampilkan baju dan produk asli Bali.


Salah seorang tenant, Ni Kadek Winiyanti, dari Kelompok Arta Sedana, Sidemen, Karangasem mengaku sangat senang bisa ikut terlibat dan menjual produknya dalam acara ini. “Kami senang sekali mendapatkan undangan langsung dari Dekranasda untuk ikut serta dalam bazar ini. Apalagi pandemi berdampak besar juga, jadi harapannya dengan adanya acara ini UMKM Bali bisa bangkit lagi,” tutur Kadek.

Tidak hanya baju ataupun kain songket khas Bali, stand UMKM makanan serta minuman juga ada dalam bazar Bali Bangkit ini.*cla

loading...

Komentar