nusabali

Cara Memilih Sepeda Gunung yang Baik

  • www.nusabali.com-cara-memilih-sepeda-gunung-yang-baik

Memilih dan membeli sepeda gunung bisa sangat luar biasa, terutama dengan banyaknya pilihan yang tersedia di pasaran yang dapat Anda lihat di sini. Anda harus membuat keputusan tentang spesifikasi komponen yang berbeda, dan tentu saja, anggaran Anda.

DENPASAR, NusaBali.com
Jika Anda tidak yakin dengan apa yang Anda inginkan, beberapa panduan berikut ini mungkin dapat membantu Anda memilih sepeda gunung yang cocok untuk Anda.
 
1. Tipe Sepeda Gunung

Sepeda gunung memiliki tipe yang bermacam-macam, penting bagi Anda untuk mengetahui tipe-tipe sepeda gunung sebelum membeli sepeda yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
 
a. Sepeda Trail
Bisa dikatakan ini adalah gaya bersepeda gunung yang paling umum karena tidak didasarkan pada jenis balapan tertentu. Jika Anda senang bertemu dengan teman-teman di ujung jalan setapak dan melibas perpaduan antara tanjakan dan turunan, inilah sepeda yang cocok untuk Anda. Sepeda berkategori ini memberikan penekanan yang sama pada kesenangan, efisiensi, dan bobot keseluruhan.
 
b. Sepeda Cross-Country
Sepeda ini biasanya berarti berkendara dengan cepat, menitikberatkan pada kecakapan mendaki. Jarak tempuhnya bervariasi, dari hanya beberapa kilometer hingga lebih dari 40 kilometer. Sepeda ini ringan dan berfokus pada efisiensi. Sepeda ini cocok untuk Anda yang kompetitif dan ingin berlomba di jalur lintas alam.
 
c. Sepeda Fat-Tire
Ban sepeda ini berukuran besar,  mulai dari yang lebarnya 3,7 inci hingga lebih dari 5 inci. Ban ini memberikan atraksi yang sangat baik, terutama di atas pasir. Sepeda Fat-Tire sangat cocok untuk pemula karena ban yang lebar memberikan kenyamanan saat pengendara melalui medan yang berat.

d. Sepeda All-Mountain
Sepeda All-Mountain sangat cocok untuk Anda yang membutuhkan kelincahan, dengan roda lebih besar yang mampu melahap tanjakan serta turunan yang panjang, menakutkan, dan menuntut lebih banyak fitur teknis. Sepeda all-mountain dirancang untuk berfungsi dengan baik di turunan yang curam, tetapi juga ringan dan gesit untuk dikayuh di tanjakan.
 
e. Sepeda Downhill/Park
Sepeda Downhill berukuran besar dan tangguh. Pengendaranya mengenakan helm full-face dan pelindung tubuh saat melakukan lompatan, melibas tanggul, medan berbatu, hingga tangga kayu.
 
2. Bahan Rangka

Rangka ikut menentukan berat, kekuatan, masa pakai, kualitas, dan harga sepeda gunung. Aluminium alloy adalah bahan yang paling umum digunakan untuk membuat rangka sepeda gunung.

Beberapa model sepeda gunung yang lebih mahal memiliki rangka aluminium yang lebih ringan karena produsen mengeluarkan lebih banyak uang dan upaya dalam pemilihan bahan, desain, dan proses pembuatan.

Bahan rangka lainnya adalah baja, titanium dan serat karbon. Baja kuat, murah dan menawarkan pengendaraan yang mulus, tetapi relatif berat untuk sepeda gunung. Titanium ringan dan kuat, tetapi hanya untuk sepeda gunung kelas atas karena harganya yang sangat mahal.

Serat karbon cukup umum digunakan pada sepeda Cross-Country, sepeda Fat-Tire, sepeda Trail kelas atas, dan sepeda All-Mountain karena kuat dan ringan, tetapi relatif mahal karena proses pembuatannya cukup rumit.

3. Sepeda Gunung yang Pas

Yang tidak kalah pentingnya, pastikan ukuran sepeda gunung pas untuk Anda. Anda akan merasa lebih senang mengendarai sepeda yang sesuai dengan tinggi badan, fleksibilitas, dan gaya bersepeda Anda. Sepeda yang nyaman dan dipasang dengan benar dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda ketika melewati medan yang menantang dan membutuhkan kecakapan.

Sepeda gunung memiliki ukuran standar S, M, L, dan umumnya serupa untuk semua merek. Nah, Anda perlu memilih sepeda yang ukurannya sesuai dengan tinggi badan Anda. Banyak produsen sepeda menyertakan bagan ukuran yang mencantumkan kisaran ketinggian untuk setiap ukuran sepeda.

Jika tinggi badan Anda berada di antara dua ukuran, pilihlah ukuran yang lebih kecil. Penyesuaian yang perlu Anda buat akan lebih mudah dilakukan pada rangka sepeda yang lebih kecil daripada yang terlalu besar.
 
Nah, sekarang Anda bisa mendapatkan sepeda terbaik dengan pergi ke toko sepeda berbekal pemahaman umum tentang jenis sepeda yang Anda cari. Tentukan beberapa model yang sesuai dan cobalah mengendarai beberapa sepeda. Itu cara terbaik untuk mendapatkan yang terbaik.

Dengan bantuan penjualnya, Anda bisa mempersempit pilihan menjadi dua atau tiga sepeda. Meski mungkin memiliki harga dan komponen yang sama, masing-masing akan terasa berbeda saat dikendarai. Jika memungkinkan, lewati beberapa permukaan yang bervariasi. Anda pasti ingin sepeda yang terasa seperti perpanjangan alami tubuh Anda bukan.

Untuk Anda yang sudah lebih jauh mengenal sepeda gunung, Anda juga bisa mempertimbangkan jenis suspensi dan ukuran roda/ban. Keduanya adalah atribut utama yang menentukan jenis medan yang mampu ditangani sepeda. Anda juga perlu mempertimbangkan jumlah gear dan jenis rem untuk mempersempit pilihan sepeda gunung Anda.

Berikut tips memilih sepeda gunung yang baik. Semoga Anda mendapatkan sepeda gunung yang sesuai selera Anda. Selamat mencoba!

Komentar