nusabali

Sejumlah Dusun di Desa Landih Belum Terlayani PDAM

  • www.nusabali.com-sejumlah-dusun-di-desa-landih-belum-terlayani-pdam

BANGLI, NusaBali
Sejumlah dusun di Desa Landih, Kecamatan Bangli, belum terlayani air bersih dari PDAM Bangli.

Warga berharap ada pelebaran jaringan. Sebab selama ini hanya mengandalkan tadah air hujan dan membeli di pedagang air keliling.

Perbekel Desa Landih, I Wayan Suarta, mengatakan Desa Landih terbagi menjadi lima dusun yakni Dusun Landih, Dusun Penaga, Dusan Palaktihing, Dusun Langkan, dan Dusun Buayang. Walaupun telah ada pelebaran jaringan oleh PDAM Bangli, namun masih banyak warga yang belum terlayani. “Ada beberapa dusun yang belum bisa dilayani oleh PDAM Bangli,” ungkap Wayan Suarta, Kamis (1/10).

Menurut Wayan Suarta, dusun yang belum terlayani yakni sebagian masyarakat Buayang dan Penaga. Masih ada 450 kepala keluarga yang belum menikmati layanan air bersih dari PDAM Bangli. Warga selama ini membeli air di pedagang air keliling atau mengandalkan tadah air hujan. "Warga kami di Dusun Langkan memanfaatkan air lewat program Pamsimas," jelas Wayan Suarta.

Pelayanan PDAM belum bisa menjangkau seluruh dusun karena terbentur masalah dan belum tersedianya jaringan pipa. Membangun jaringan pipa membutuhkan anggaran tinggi. Wayan Suarta berupaya mengajukan permohonan kepada Pemkab Bangli untuk bisa difasilitasi terkait pelebaran jaringan. "Kami ajukan permohonan pelebaran jaringan, mudah-mudahan bisa tercover pada APBD Induk 2021. Sehingga masyarakat lebih mudah memenuhi kebutuhan air bersih,” imbuhnya. *esa

Komentar