nusabali

Pengusaha Lokal Jumpai Ekspor Garam Klungkung

  • www.nusabali.com-pengusaha-lokal-jumpai-ekspor-garam-klungkung

SEMARAPURA, NusaBali
CV Natural Bali Kul Kul beralamat di Dusun Kangin, Desa Jumpai, Kecamatan Klungkung, salah satu  perusahaan lokal Klungkung.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan ini telah memasarkan garam Klungkung dengan menyasar pasar ekspor.

Hal itu terungkap saat Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Klungkung Wayan Ardiasa, menerima audiensi dari CV Natural Bali Kul Kul, di ruang kerjanya, Rabu (30/9). Direktur CV Natural Bali Kul Kul Ni Putu Ayu Wilasmini mengatakan audiensi ini untuk memperkenalkan sejumlah produk hasil usahanya yang sudah berjalan sejak tahun 2018. Beberapa produk dimaksud yakni garam, coklat, snacking, bath salt dan beberapa turunan produk organik yang akan diluncurkan pada tahun 2021.   

CV Natural Bali Kul Kul merupakan perusahaan lokal yang beralamat di Dusun Kangin, Desa Jumpai, Kecamatan Klungkung.

Jelas dia, perusahaan tersebut beroperasi sejak tahun 2018 dengan produk utama garam. Adapun keinginannya untuk memperkenalkan garam Klungkung dan Bali agar bisa bersaing di pasar internasional. "Karena berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, garam Klungkung dan Bali umumnya, merupakan garam dengan kandungan mineral yang tinggi," katanya.

Setelah dua tahun berjalan dan izin yang sudah dikantonginya, CV Natural Bali Kul Kul kini sudah mampu memasarkan garam di Bali, nusantara, dan luar negeri. Menurutnya, saat ini potensi garam Klungkung dan Bali untuk dipasarkan keluar negeri cukup tinggi. Permintaan pasar untuk garam ini juga makin tinggi. Namun, karena keterbatasan produksi, dia mengaku belum bisa memenuhi permintaan pasar tersebut. Sebagai salah satu UKM di Kabupaten Klungkung, dia berharap ke depan usahanya akan mendapat dukungan serta bisa berkolaborasi dengan Pemkab Klungkung. Karena Pemkab saat ini tengah gencar mengembangkan garam tradisional Kusamba.

Bupati Suwirta berharap manajemen CV Natural Bali Kul Kul yang sudah berpengalaman dan punya jaringan pemasaran, bisa bekerjasama dengan Pemkab dalam memasarkan produk produk UKM Klungkung. Salah satunya Garam Beryodium Kusamba yang baru saja diluncurkan Pemkab Klungkung. "Pemkab Klungkung telah berkomitmen akan senantiasan mendorong, membina, melindungi dan memfasilitasi agar para pelaku UKM supaya terus berjalan," ujarnya. *wan

loading...

Komentar