nusabali

Mahasiswa Tanam Pohon Sandat di Pura Yehsah

  • www.nusabali.com-mahasiswa-tanam-pohon-sandat-di-pura-yehsah

AMLAPURA, NusaBali
Mahasiswa KKN Universitas Hindu Negeri (UHN) I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar menggelar aksi tanam pohon sandat di Pura Yehsah, Banjar Susut, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Minggu (30/8).

Selain pohon sandat, mahasiswa juga tanam pohon mahoni dan sawo masing-masing 25 bibit. Aksi penghijauan ini dihadiri Perbekel Desa Muncan, I Wayan Tunas.

Perbekel Muncan I Wayan Tunas mengungkapkan, mahasiswa menggelar penghijauan di Banjar Manik, Banjar Pendem, dan Banjar Pemuhunan. Aksi tanam pohon itu sebagai pamungkas kegiatan KKN mahasiswa UHN I Gusti Bagus Sugriwa di Desa Muncan. Semua bibit merupakan sumbangan dari mahasiswa. Para mahasiswa melaksanakan KKN selama satu bulan. Pelaba Pura Yehsah cukup luas dan dinilai tepat ditanami pohon sandat. Jika berbunga bisa dimanfaatkan umat untuk sembahyang. Apalagi di Pura Yehsah merupakan tempat melasti Karya Agung Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih. “Saya rekomendasikan tanam bibit sandat di Pura Yehsah agar bunganya nanti bisa dimanfaatkan umat untuk sembahyang,” ungkap Wayan Tunas.

Wayan Tunas mengungkapkan, lahan di Pura Yehsah tanpa perindang, sehingga dengan penanaman pohon nantinya juga bermanfaat untuk perindang. Sebelumnya, mahasiswa UHN I Gusti Bagus Sugriwa yang KKN di Desa Duda menebar 5.000 bibit gurami di Tukad Batah, Banjar/Desa Duda, Minggu (23/8). Penebaran bibit ikan dikoordinasikan Perbekel Desa Duda I Gusti Agung Ngurah Putra. Penebaran benih gurami untuk mengedukasi masyarakat pentingnya mengkonsumsi ikan untuk kesehatan. Juga memotivasi warga agar melakukan budi daya ikan air tawar. *k16

Komentar