nusabali

Juara di Brno, Binder Samai Marquez

  • www.nusabali.com-juara-di-brno-binder-samai-marquez

Binder jadi rookie pertama dalam tujuh tahun terakhir yang menang pada musim pertamanya di MotoGP. Dia menyamai prestasi Marquez pada musim 2013.

BRNO, NusaBali
Rider Red Bull KTM Brad Binder membuat kejutan dengan meraih kemenangan pertamanya di MotoGP saat beraksi dalam MotoGP Ceko, di Sirkuit Brno, Minggu (9/8). Sukses itu membuat Binder menyamai prestasi Marc Marquez, pada musim 2013 sebagai rookie yang meraih kemenangan di kelas MotoGP.

Binder mengawali seri ketiga MotoGP Ceko 2020 dari peringkat ketujuh. Dia di belakang Johann Zarco, Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Aleix Espargaro, Maverick Vinales, dan Pol Espargaro.

Namun saat balapan dimulai, Binder melangkah ke posisi terdepan dan meninggalkan para pesaingnya. Dia jadi yang tercepat dan mengungguli Franco Morbidelli dan Johann Zarco yang akhirnya meraih podium kedua dan ketiga.

Sebuah fakta menarik, Binder adalah rider rookie pada MotoGP musim ini. Baru pada seri ketiga musim ini, pembalap Afrika Selatan itu memastikan kemenangan pertamanya di kelas premier.

Keberhasilan ini memastikan Binder jadi rookie pertama dalam tujuh tahun terakhir yang meraih kemenangan pada musim pertamanya di kelas MotoGP. Dia menorehkan prestasi yang sebelumnya dibuat Marquez pada musim 2013.

Kemenangan itu juga langsung mengingatkan sosok Marc Marquez saat jadi rookie pada musim 2013. Rider Repsol Honda itu pun meraih kemenangan dalam musim pertamanya, dan bahkan jadi juara dunia pada akhir musim.

Marc Marquez langsung meraih podium sejak seri pertama yang digelar di Qatar dan meraih kemenangan pertama di kelas MotoGP pada seri kedua di MotoGP Austin, Amerika Serikat, di Cirkuit of the Americas.

Kini Brad Binder mencoba menyejajarkan dirinya dengan Marc Marquez sebagai rookie yang meraih kemenangan. Namun, Binder masih harus membuktikan untuk benar-benar menyamai Marquez yang pada akhirnya menjadi rookie yang meraih gelar juara dunia pada akhir musim.

Kini Binder juga pembalap yang membawa KTM untuk pertama kalinya meraih kemenangan dalam MotoGP. Tim yang debut pada 2017 itu belum pernah meraih kemenangan di kelas premier.

Prestasi terbaik KTM sebelum kemenangan Binder, yakni podium ketiga yang diraih Pol Espargaro pada seri terakhir MotoGP 2018 di Valencia.

Usai kemenangan itu, kini posisi Binder di klasemen pembalap melejit ke peringkat kelima. Sedangkan Quartararo masih kukuh di puncak klasemen dan unggul 17 poin atas peringkat kedua, Maverick Vinales.  Valentino Rossi finis kelima pada balapan ini. Ia kini menghuni peringkat ketujuh di klasemen semantara. *

loading...

Komentar