nusabali

Hendak Berangkat, PMI Dinyatakan Positif Covid-19

Sehari Kemarin Terjadi Penambahan 6 Kasus di Karangasem

  • www.nusabali.com-hendak-berangkat-pmi-dinyatakan-positif-covid-19

BANGLI, NusaBali
Kasus positif Covid-19 di Bangli masih saja bertambah, per Senin (3/8) ada penambahan 5 kasus.

Salah satu kasus dari Kelurahan Kawan, Bangli, seorang pria berusia 24 tahun disebutkan akan bekerja ke luar negeri. Sebelum berangkat dilakukan pemerikasaan dan hasilnya terkonfirmasi positif Covid-19.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Bangli, I Wayan Dirgayusa, menjelaskan penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 5 kasus. Meliputi seorang warga di Kelurahan Kawan, Bangli. Yang bersangkutan kini menjalani karantina mandiri. Selanjutnya kasus di Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Bangli. Seorang laki-laki berusia 57 tahun terkonfirmasi positif. Kemudian warga Sulahan ini menjalani perawatan di RSUP Sanglah Denpasar.  

Kasus positif lainnya, yakni dua tenaga kesehatan dan tenaga administrasi di RS BMC Bangli. Masing-masing perempuan berusia 20 tahun dan 31 tahun. "Untuk yang tenaga administrasi berasal dari Desa Sulahan, sedangkan tenaga kesehatan berasal dari Desa Sulahan. Keduanya kini menjalani karantina mandiri," jelas Dirgayusa, Senin kemarin.

Lebih lanjut, tambahan kasus di Kelurahan Bebalang. Seorang wanita berusia 50 tahun terkonfirmasi positif setelah pengembangan kasus sebelumnya. "Ini masih pengembangan kasus dari klaster Pasar Kidul. Warga Bebalang ini mendapat penanganan di RSU Bangli," terang Wayan Dirgayusa.

Disinggung soal warga Kelurahan Kawan yang dikabarkan akan bekerja ke luar negeri, Wayan Dirgayusa mengatakan berdasarkan informasi yang pihaknya terima warga tersebut merupakan pekerja migran Indonesia (PMI). Yang bersangkutan akan kembali bekerja ke luar negeri. "Informasi ini kami terima dari rekannya, sebelum bekerja ke luar negeri lebih dulu menjalani pemeriksaan. Kemudian hasilnya terkonfirmasi positif. Sehingga kini menjalani karantina mandiri," sambung Kepala Dinas Kominfos Bangli ini.

Wayan Dirgayusa menambahkan sampai saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 335 kasus dengan jumlah kematian dua kasus dan masih dalam perawatan sebanyak 19 orang. "Hari ini ada penambahan kesembuhan sebanyak 7 orang," ujarnya.

Sementara di Kabupaten Karangasem, Kelurahan Karangasem, Kecamatan Karangasem terpapar 5 kasus positif Covid-19 dari 6 kasus baru yang muncul di Karangasem, Senin kemarin. Satu lagi, dari Desa Ababi, Kecamatan Abang. Semuanya transmisi lokal dan semua menjalani karantina mandiri.

Koordinator Bidang Kesehatan GTPP (Gugus Tugas Percepatan Penanganan) Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan dari 5 kasus muncul di Kelurahan Karangasem, empat orang laki-laki umur 56 tahun, umur 22 tahun, umur 24 tahun dan umur 25 tahun, semuanya transmisi lokal, tanpa gejala dan semuanya menjalani karantina mandiri. Sedangkan satu jenis kelamin perempuan umur 25 tahun.

Satu kasus dari Desa Ababi, Kecamatan Abang berjenis kelamin perempuan 23, juga tanpa gejala, transmisi lokal, dan menjalani karantina mandiri.

Sehingga terakumulasi positif Covid-19 di Karangasem mencapai 262 orang, yang sembuh hanya 3 orang total sembuh 166 orang, dan yang masih menjalani perawatan sebanyak 89 orang. *esa, k16

loading...

Komentar