nusabali

Tiga Tim Berebut Empat Besar

Persaingan Panas Ujung Laga Liga Inggris

  • www.nusabali.com-tiga-tim-berebut-empat-besar

LONDON, NusaBali
Pekan pamungkas Liga Primer Inggris pada Minggu (26/7) malam Wita, bakal tetap panas.

Manchester United (MU), Chelsea, dan Leicester City berebut dua tiket tersisa ke Liga Champions. Demikian juga tiga tim di posisi bawah berjuang untuk dua tempat tersisa di Premier League, yakni Aston Villa, Watford dan Bournemouth.

Ya, usai pekan ke-37 Premier League tuntas, persaingan empat besar semakin sengit. Chelsea kalah 3-5 dari Liverpool, Manchester United diimbangi West Ham United 1-1, dan Leicester City kalah 0-3 dari Tottenham Hotspur.

Saat ini dua tempat teratas klasemen Liga Premier Inggris dipastikan milik Liverpool dan Manchester City. Sedangkan MU di posisi ketiga dengan 63 poin, unggul selisih gol atas Chelsea di posisi keempat, dan satu poin dari Leicester di posisi keempat.

Kondisi seperti itu, MU lebih diunggulkan karena hanya butuh satu poin untuk mengunci tiket ke Liga Champions. Tapi, patut diingat Leicester lawannya di pekan terakhir, di King Power Stadium, Minggu (26/7) malam Wita.

Meski Leicester dalam tren buruk, MU tak boleh pandang remeh karena harus tampil di kandang lawan. MU pun juga dalam tren turun karena cuma sekali menang dari empat laga terakhirnya, termasuk kekalahan 1-3 dari Chelsea di semifinal Piala FA.  MU harus memperbaiki performa jika tak ingin gagal lagi finis empat besar.

Chelsea di pertandingan lainnya menghadapi Wolverhampton di Stamford Bridge. Meski Wolves memastikan tiket ke Eropa, Chelsea tidak boleh anggap remeh karena Wolves lagi dalam laju positif sejak liga dimulai lagi.

Skenario alokasi dua sisa tiket Liga Champions bergantung hasil laga pemungkas. Skenario pertama, MU dan Chelsea di empat besar, jika  MU menang ata Leicester, tak peduli hasil Chelsea vs  Wolverhampton.

Lalu MU vs Leicester imbang dan Chelsea setidaknya meraih satu poin kontra Wolverhampton. Skenario kedua, Chelsea dan Leicester di empat besar jika,  Leicester menang atas MU dan Chelsea setidaknya meraih satu poin kontra Wolverhampton.MU dan Leicester di empat besar jika,  Chelsea kalah dari Wolves dan MU vs Leicester berakhir imbang.

Sementara itu, Aston Villa, Watford dan Bournemouth masih terancam terdegradasi ke kasta kedua bersama Norwich City, yang lebih dulu terdepak. Ketiganya akan mati-matian agar tetap berkompetisi di kasta tertinggi dan tak turun ke Divisi Championship musim depan, saat menjalani pekan pemungkas, yang kebetulan sama-sama memainkan laga tandang.

Villa lawan yang relatif lebih mudah, yakni West Ham United, tim peringkat ke-15 yang aman dari ancaman degradasi. Lalu Watford melawan Arsenal, dengan dibayangi pemecatan peatih Nigel Pearson. Bournemouth akan menjamu Everton dan nasibnya sangat terpengaruh hasil laga Villa dan Watford.*

Komentar