nusabali

Empat Pebasket Gianyar Berpeluang Turun di Porprov

  • www.nusabali.com-empat-pebasket-gianyar-berpeluang-turun-di-porprov

GIANYAR, NusaBali
Empat atlet basket yang turun di Porpov Bali XIV/2019 di Tabanan, tetap berpelung kembali tampil pada Porprov Bali XV/2022 di Badung.

Pasalnya, umur mereka masih memungkinkan diturunkan. Sedangkan delapan pemain lainnya dipastikan tidak bisa tampil karena melewati batas umur 21 tahun.

"Kalau basket kategori 3 X 3 pasti tidak dapat dimainkan semuanya di Porprov Badung. Tapi untuk basket kategori 5 x 5 masih memungkinkan dimainkan. Dari 12 atlet, empat diantaranya dapat dimanfaatkan tenaganya untuk Porprov 2022," kata Ketua Umum Pengkab Perbasi Gianyar, Made Purwita, Minggu (21/6).

Menurut Purwita, batasan umur cabor basket tidak bisa diutak-atik lagi. Dengan demikian, sejak awal Perbasi Gianyar hanya menyiapkan atlet yang turun di Porprov 2022. Artinya, yang ada saat ini maksimal batas usianya mencapai 21 tahun pada Porprov 2022.

"Latihan bersama memang agak sulit, karena menghindari kontak fisik. Latihan mandiri di rumah atlet masing-masing masih tetap diterapkan," kata Purwita, yang juga dokter gigi itu.

Untuk itu, kata Purwita, empat atlet yang sempat turun di Porprov sebelumnya diharapkan jadi mentor untuk lainnya. Sebab, mereka punya pengalaman di pesta olahraga antarkabupaten/kota di Bali itu. "Mudah-mudahan tahun ini Pandemi Covid-19 segera berakhir. Dan, awal tahun kita bisa memulai lagi latihan bersama secara normal," harap Purwita.

Sebab, kalau dipaksakan kasihan juga atletnya. Terlalu berisiko dalam latihan kondisi bersama dalam situasi seperti ini. Begitu normal, kata Purwata, pihaknya langsung gerak cepat. Sebab secara umum sudah ada atlet bayangan yang disiapkan untuk Porprov selanjutnya.

“Atlet tersebut tergabung dalam program Puslag Gianyar, baik kategori basket konvensional 5 x 5 maupun basket 3 X 3.

"Secara keseluruhan saat ini jumlanya 16 atlet. Tapi itu belum kami bagi sesuai kategori," kata Purwita.*dek

Komentar