nusabali

2 Kontainer Tampung Sampah Pasar Senggol

  • www.nusabali.com-2-kontainer-tampung-sampah-pasar-senggol

SEMARAPURA, NusaBali
Pemkab Klungkung akan menempatkan dua buah kontainer penampung sampah organik dan anorganik di Pasar Senggol Semarapura.

Dua kontainer ini serangkaian program pemilahan sampah dari hulu.  Hal itu terungkap di sela-sela Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyosialisasikan Perda No : 7 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah kepada para pedagang di Pasar Senggol Semarapura, Kamis (18/6). Kegiatan ini guna mendukung program Gerakan Masyarakat Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas) yang telah dilauncing beberapa waktu lalu. "Para pedagang wajib mengumpulkan dan memilah sampah yang mereka hasilkan untuk selanjutnya diletakkan di tempat yang sudah ditentukan," ujar Bupati Suwirta.

Jika ada ditemukan pedagang yang membuang sampahnya tanpa dipilah, maka akan dikenakan sanksi tindak pidana ringan sesuai Perda yang ditetapkan. Kepada puluhan pedagang yang hadir, Bupati Suwirta mengingatkan bahwa semua warga di wilayah Kabupaten Klungkung wajib mentaati peraturan yang berlaku. Perda tentang sampah yang saat ini gencar disosialisasikan merupakan wujud komitmen Pemkab klungkung dalam menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman.

Seluruh masyarakat Klungkung wajib melakukan pemilahan sampah dan membuang sesuai jadwal yang sudah ditentukan untuk selanjutnya dijemput petugas. Dia menambahkan, selama ini pemerintah telah gencar melakukan terobosan dalam penanganan masalah sampah. Namun rendahnya dukungan dari masyarakat mengakibatkan program ini kurang berjalan maksimal. "Kondisi TPA Sente sudah penuh dan para petugas sampah juga telah berbuat maksimal dan kewalahan dalam menangani sampah," ujarnya.

Untuk itu diperlukan peran serta seluruh masyarakat baik di kota maupun di desa untuk memilah sampahnya masing masing sebelum diambil petugas sampah. Selain masalah sampah, Bupati Suwirta juga mengingatkan untuk tetap menjaga toleransi yang sudah terjalin, mengingat para pedagang di Pasar Senggol Semarapura terdiri dari beragam suku dan agama.

Menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19, Bupati Suwirta mengimbau tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan rajin. Para pedagang supaya menyarankan konsumen untuk membungkus belanjaan mereka untuk dibawa pulang dan tidak makan di tempat. *wan

Komentar