nusabali

Karangasem Tambah Dua Kasus Positif Covid-19

  • www.nusabali.com-karangasem-tambah-dua-kasus-positif-covid-19

Warga asal Kecamatan Manggis ini menjalani tes swab PCR bersama 55 orang lainnya, sebanyak 23 terkonfirmasi positif.

AMLAPURA, NusaBali

Di Karangasem dua penambahan kasus positif Covid-19. Dua tambahan positif Covid-19 ini dari warga lokal asal Kecamatan Manggis dan seorang pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kecamatan Karangasem. Keduanya kini dirawat di Bapelkes Denpasar. Total akumulasi jumlah kasus Covid-19 di Karangasem menjadi 25 kasus. Sebanyak 20 di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Satgas Koordinator Bidang Kesehatan Penanggulangan Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan orang terkonfirmasi positif itu melakukan tes swab mandiri di RS PTN Unud guna memenuhi dokumen bekerja ke Jakarta, Kamis (4/6). Hasilnya baru diketahui positif, Sabtu (6/6). Dikatakan, orang terkonfirmasi positif Covid-19 ini menghabiskan masa liburan di kampung halaman. Setelah masa liburnya usai, sebelum berangkat ke Jakarta, lelaki berusia 32 tahun ini mengurus surat pengantar perjalanan di Kantor Desa Sengkidu, Rabu (3/6).

Orang terkonfirmasi positif asal Kecamatan Manggis ini menjalani tes swab PCR bersama 55 orang lainnya. Sebanyak 23 orang terkonfirmasi positif Covid-19, termasuk yang bersangkutan. Satgas Penanggulangan Covid-19 Karangasem bersama Satgas Penanggulangan Covid-19 Kecamatan Manggis kemudian melakukan penelusuran. Dari tracing yang dilakukan tim kesehatan, yang bersangkutan melakukan work from home (WFH). Tidak dapat kemana-mana, baik ke luar negeri maupun ke wilayah zona merah selama tiga bulan terakhir. Hanya kontak dengan keluarga. “Ayah, ibu, istri, anak, dan adik pasien dirapid test dengan hasil non reaktif,” jelas I Gusti Bagus Putra Pertama, Minggu (7/6).

I Gusti Bagus Putra Pertama juga mengungkapkan tambahan orang terkonfirmasi positif Covid-19 asal Kecamatan Karangasem. Kasus positif terbaru ini merupakan pekerja migran Indonesia (PMI) yang menjalani karantina di salah satu hotel kawasan Objek Wisata Amed, Desa Purwakerti, Kecamatan Abang. PMI ini merupakan pekerja kapal pesiar di Karabia. Kasus terbaru ini merupakan laporan yang ke-25 kasus positif Covid-19 di Karangasem. Dari akumulasi jumlah itu, 20 di antaranya telah dinyatakan sembuh. Pasien positif Covid-19 yang masih dirawat menjadi 5 orang. Masing-masing 3 pasien dari Kecamatan Karangasem, 1 pasien dari Kecamatan Rendang, dan 1 pasien dari Kecamatan Manggis.  

Terpisah, Perbekel Desa Sengkidu I Wayan Darpi, mengakui salah satu warganya dinyatakan positif Covid-19. “Pekerja itu awalnya minta surat keterangan untuk menjalani tes swab PCR, Rabu (3/6). Ternyata Sabtu (6/6), orangtuanya mengabarkan hasilnya positif,” kata I Wayan Darpi. Sehingga Satgas menindaklanjuti melakukan penelusuran, 6 orang keluarga pasien itu dirapid tes. *k16

Komentar