nusabali

Rilis Single 'Saling Bantu', Nosstress Abadikan Solidaritas Warga di Tengah Pandemi

  • www.nusabali.com-rilis-single-saling-bantu-nosstress-abadikan-solidaritas-warga-di-tengah-pandemi

DENPASAR, NusaBali
Inisiatif warga bantu warga tumbuh subur di tengah ketidakpastian pandemi Covid-19. Mereka bergerak mandiri, merajut solidaritas saling bantu antar sesama. Bantuan tersebut sangat berarti karena pandemi melumpuhkan sendi-sendi kehidupan dan roda perekonomian.

Kondisi ini juga dirasakan, dituliskan kemudian dilantunkan oleh trio folk asal Kota Denpasar, Nosstress lewat karya terbarunya bertajuk 'Saling Bantu'. Single terbaru Nosstress ini resmi diluncurkan melalui laman YouTube mereka, Jumat (29/5/2020) malam dan kini sudah disaksikan oleh sedikitnya 28 ribu pasang mata.

Pelepasan single ini dibarengi dengan video visual ciamik garapan videografer Hadhi Kusuma. Video klip berdurasi sekitar 4 menit ini menampilkan potongan dokumentasi para relawan gerakan warga berbagi dengan sesamanya serta menyisipkan cuplikan warta berita elektronik.

Sang penulis lagu, Man Angga mengatakan, 'Saling Bantu' lahir dari yang dirasa, pengamatan serta bacaannya melihat kondisi selama pandemi. "Awal pendemi kami berdiam diri di rumah masing-masing. Namun setelah beberapa minggu, kami merasa harus bergerak mencipta karya dan akhirnya merekam di studio dadakan dengan alat seadanya," ceritanya kepada NusaBali, Senin (1/6/2020).

Ia menilai pemerintah justru abai terhadap keberlangsungan hidup dan kesehatan rakyatnya dengan mengesahkan aturan yang dinilai merusak lingkungan serta kehidupan kaum buruh. "Di saat situasi pandemi ini, harusnya negara hadir membantu rakyat. Mereka malah memanfaatkan situasi ini dengan mengesahkan Undang-Undang yang akan merugikan buruh dan merusak lingkungan," cetus vokalis sekaligus gitaris Nosstress ini.

Terlepas dari itu, ia juga menyaksikan kian menguatnya kemanusian di tengah lara pandemi ini. Menurutnya tumbuhnya solidaritas berbagi adalah sesuatu hal yang membahagiakan. "Meski bencana ini melanda semua individu, namun derita yang dirasakan tidaklah sama. Saling bantu adalah hal penting yang kita perlukan dan dapat kita upayakan agar selamat dari situasi ini," tutur Man Angga. 

"Banyak kawan-kawan bergerak mandiri membantu yang memerlukan. Mulai dari mengggalang dana untuk APD bagi tenaga kesehatan. Ada Komunitas Denpasar Kolektif yang menginisiasi Bergerak Bersama Bali dengan kegiatan membagikan makanan gratis untuk semua. Ada juga Solidaritas Pangan Bali. Ini adalah beberapa dari banyaknya gerakan berbagi yang dikelola secara mandiri," imbuh Guna Warma, vokalis dan gitaris Nostress.

Lewat single ini juga mereka menyampaikan, di sisi lain kondisi ini justru membuat bumi kian membaik. Bumi seolah mendapatkan banyak waktu istirahat, ketika aktifitas manusia menjadi berkurang. "Dengan saling bantu, kita berusaha melewati semua ini. Setelah itu, semoga kita, bersama dengan Bumi, bisa membaik bersama," ucap Man Angga. 

Selain melibatkan videografer Hadhi Kusuma, dalam single ini mereka juga melibatkan Fendy Rizk selaku pengaransemen lagu. Untuk menggarap artwork single ‘Saling Bantu’ ini, Nosstress mengajak serta street artist dunia asal Bali yang kini menetap di Yunani, Wild Drawing. 

"Akhir kata, kami ucapkan terima kasih kepada semua kawan yang tetap bergerak, berkarya dan bersolidaritas. Semoga tetap semangat dan sehat selalu," tutup Cok Gus pemain kajon dan harmonika Nostress.*cr75

loading...

Komentar