nusabali

Pangdam Lepas 450 Prajurit Yonif Raider 900/SBW ke Papua

  • www.nusabali.com-pangdam-lepas-450-prajurit-yonif-raider-900sbw-ke-papua

DENPASAR, NusaBali
Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, melepas 450 prajurit Yonif Raider 900/SBW untuk melaksanakan tugas di Provinsi Papua, Jumat (29/5) pukul 09.00 Wita.

Para prajurit loreng ini berangkat menggunakan KRI Banda Aceh-593. Upacara pelepasan itu berlangsung di Pelabuhan Benoa, Denpasar Selatan dihadiri sejumlah pejabat Kodam IX/Udayana. 

Dalam kesempatan itu Pangdam mengungkapkan 450 anak buahnya itu dikirim ke Papua untuk tugas Operasi Pamtas di wilayah Papua. Pangdam mengaku ini merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang diberikan negara kepada satuan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama. Oleh karenanya jenderal bintang dua ini meminta kepada para prajuritnya untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Pangdam menyampaikan bahwa setelah upacara pengantaran ini akan dilaksanakan pergeseran pasukan (serpas) menuju daerah penugasan. Maka dari itu, Pangdam berpesan agar laksanakan serpas dengan tertib, taati peraturan yang berlaku dan utamakan faktor keamanan selama dalam perjalanan dan setibanya di pos masing-masing.

"Sampai di sana, laksanakan serah terima dengan benar dan tanyakan apabila ada hal-hal yang belum dimengerti. Utamanya yang berkaitan dengan tugas pokok, baik kepada Komandan Pos lama maupun anggotanya. Sehingga dalam melaksanakan tugas dapat berjalan dengan lancar dan aman," pesan Pangdam, Mayjen Benny Susianto.

Dikatakan Pangdam, 450 prajuritnya itu akan melaksanakan tugas di Papua selama 9 bulan. Agar bisa menjalankan tugas dengan baik para prajurit diharapkan mempelajari karakteristik medan, budaya, adat istiadat serta situasi dan kondisi daerah setempat.

"Tujuannya agar bila terjadi sesuatu permasalahan yang tidak diinginkan dapat segera mengambil tindakan yang tidak bertentangan dengan HAM maupun adat istiadat dan norma yang berlaku di sana. Para prajurit juga harus berpegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI," tuturnya. 

Sebagai pimpinan, Pangdam juga mengharapkan dukungan dari masyarakat Bali agar para prajuritnya bisa menjalankan tugas dengan baik. Dengan harapan berangkat bertugas dengan penuh kebanggaan dan kehormatan yang pada akhirnya akan lahir tanggungjawab untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 7 pol

loading...

Komentar