nusabali

Hari Ini, 57 PMI Karantina Akan Diambil Sampel Swab

  • www.nusabali.com-hari-ini-57-pmi-karantina-akan-diambil-sampel-swab

NEGARA, NusaBali
Sebanyak 57 pekerja migran Indonesia (PMI) karantina Pemkab Jembrana, akan diambil sampel swab, Senin (18/5) hari ini.

Pengambilan sampel swab terhadap PMI yang menjalani karantina di tiga hotel berbeda itu, rencananya akan dipusatkan di Hotel Jimbarwana, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara.

“Ya ini menyusul kebijakan terbaru dari Gugus Provinsi untuk pemeriksaan swab terhadap para PMI Bali. Pengambilan swab terhadap PMI karantina besok (hari ini) itu, juga menjadi pertama, setelah yang karantina sebelum-sebelumnya diperiksa dua kali rapid test. Sedangkan yang sekarang, dua kali pemeriksaan swab,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Jembrana dr I Gusti Putu Agung Arisantha, Minggu (17/5).

Menurutnya, 57 PMI yang akan diambil sampel swab di Hotel Jimbarwana itu, menjalani karantina di tiga hotel berbeda. Rinciannya, 28 orang di Hotel Jimbarwana, 14 orang di Hotel Ratu, dan 15 orang di Hotel Hapel. Pengambilan sampel swab dengan melibatkan tim kesehatan dari GTPP Covid-19 Bali itu juga akan sekalian diisi pelatihan pengambilan swab untuk tenaga medis di Jembrana.

“Seperti diketahui, kalau untuk pengambilan sampel swab selama ini, kita hanya memiliki 1 petugas. Nah, dengan pelatih besok (hari ini), kami harapkan untuk pengambilan sampel swab selanjutnya, terutama bagi saudara-saudara PMI yang cukup banyak, bisa dilakukan tim medis kita. Paling tidak, kita siapkan masing-masing 1 orang dari 10 puskesmas, dan beberapa petugas medis dari RSUD Negara yang dilatih,” ucapnya.

Secara kumulatif, sambung Ariantha, sejak memberlakukan karantina PMI dari pertengahan April hingga Minggu (17/5), Jembrana telah menerima kedatangan sebanyak 335 PMI. Dari 335 PMI itu, 182 orang telah selesai karantina dengan hasil dua kali rapid test negatif, 152 orang masih karantina, dan 1 orang positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Negara.

Dari 152 PMI yang masih karantina itu, ada 8 orang yang tinggal menunggu selesai karantina setelah menjalani dua kali rapid test dengan hasil negatif. Sedangkan 144 PMI lainnya yang tercatat dipulangkan ke kabupaten setelah ada kebijakan pemeriksaan swab dari GTTP Provinsi, akan mengikuti pemeriksaan swab.

“Yang dipulangkan ke kabupaten itu sebelumnya juga sudah menjalani pemeriksaan swab pertama di Denpasar, dan hasilnya negatif. Kalaupun ada yang dipulangkan ke kabupaten dengan keterangan non reaktif rapid test (negatif) setelah ada kebijakan pemeriksaan swab itu, nanti PMI yang bersangkutan tetap akan menjalani dua kali pemeriksaan swab,” kata Arisantha. *ode

loading...

Komentar